TUTURAN BERTANYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi, & Sugondono. (2003). Politik Bahasa: Rumusan Seminar Politik Bahasa. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Anggraeni, Astria Widyaruli, (2012). Kesantunan Tindak Tutur Mahasiswa dan dalam Kegiatan Presentasi Kelas. DIDAKTIKA. 10(3): 177-185.
Azhari, Wildan. (2017). Analisis Ragam Pertanyaan dan Strategi Bertanya Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Master Bahasa. 5(1): 63- 74.
Azka, Ratu F. A., Rusminto, Nurlaksana Eko, Widodo, Mulayanto. (2013). Tuturan Bertanya Siswa pada Kegiatan Belajar Mengajar di TK dan Pembelajaran nya. KATA. 1(5): 1-12.
Chaer, Abdul. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Dewangga, Guntur Sakti. 2017. Aspek Pengetahuan dalam Tuturan BertanyaGuru Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran. DIKSI. 25(1): 25-36.
Dwijayanti, Tutut Ayu. 2019. Tindak Tutur Ilokusi Peserta Didik dalam Pebelajaran Bahasa Indonesia. SENASBASA. 3(2): 1009-1017.
Halima, Novita Nurul, Rosita, Farida Yufarlina. (2019). Tindak Tutur Ilokusi Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indoensia Kelas VIII PK di MTsN 3 Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019. An-Nas: Jurnal Humaniora. 3(2): 27-37.
Kurniawati, Yayuk. (2019). Implementasi Kompetensi Komunikatif dalam Pembelajaran Berbasis Teks: Telaah Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Mabasindo. 3(2): 164-172.
Laily, Idah Faridah. (2015). Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Al-Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. 2(1): 1-17.
Minarti, Wahyuni Asri, Yusuf, Cahyono, Wijayanti, Asri. 2020. Tindak Tutur Asertif dan Formula Materi Ajar. REPETISI. 3(1): 1-12.
Mujianto, Gigit. (2015). Tindak Tutur Guru dalam Pembelajaran Menulis dengan Komposisi Terarah Berdasarkan Tingkat Kognisi Siswa. KEMBARA. 1(2): 173-197.
Mualimah, E, N. (2018). Tindak Tutur Ilokusi Bertanya Guru. Pendidikan Dasar Setia Budhi, 2 (1): 30–37.
Muradi, Ahmad. (2014). Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat.
Meirisa, Rasyid, Yumna, Murtadho, Fathiaty. (2017). Tindak Tutur Ilokusidalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia (Kajian Etnografi Komunikasi di SMA Ehipassiko School BSD). BAHTERA. 16(2): 1-14.
Prasasti, Bawon Wiji Dia, Mujianto, Gigit. (2020). Kesantunan Pengajuan Pertanyaan pada Tuturan Ilokusi Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. NUSA. 15(2): 147-158.
Rijaldi, Arief, Hanief, Latifah. (2017). Representasi Tindak Tutur Bertoleransidalam Pembelajaran Karakter di KelasRendah pada Era Global. FKIP e-PROCEEDING, 415-428.
Rukmana, Hardiyanti Fitria, Suryadi, Diani, Irma. (2017). Tindak Tutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII Tunagrahita SMPLB Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. KORPUS. 1(1): 58-67.
Rusminto, Nurlaksana Eko. (2009). Analisis Wacana Bahasa Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Simanjuntak, Eva Betty, Puspita, Switri Indah. (2016). Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa pada MataPelajaran Bahasa Indonesia dengan MenggunakanStrategi Probing Prompting Learning di Kelas IVSD Negeri 101767 Tembung T.A 2015/2016. HANDAYANI. 5(1): 30-38.
Sofan Amri, Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013, h.208.
Wiguna, Satria, Suandi, I Nengah, Putrayasa, Ida Bagus. (2015). Pembelajaran Berpidato Bahasa Bali dengan Pendekatan Komunikatif Pada Siswa Kelas VIII B5 SMPN 4 Singaraja. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4(1): 1-11.
Zaimar, Okke Kusuma Sumantri dan Ayu Basoeki Harahap. Telaah Wacana. Depok: Komodo Books, 2009.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v6i2.1339
Article Metrics
Abstract view : 244 timesPDF - 126 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Nurliawati Dide

Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.