TUTURAN BERTANYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF

Nurliawati Dide, Gigit Mujianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tuturan bertanya guru dan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMK Negerei 1 Cerme Gresik. Teori tuturan bertanya dari Austin dan Searle yaitu Austin mengemukakan bahwa bertutur tidak hanya terbatas pada penuturan sesuatu, akan tetapi dapat berupa melakukan sesuatu atas dasar tuturan tersebut. Kemudian pemikiran dari Austin ini diperkuat oleh Searle dengan mengatakan bahwa sebuah unit terkecil dari komunikasi bukan berupa kalimat saja, melainkan tindakan tertentu, seperti membuat pertanyaan, perintah, dan permintaan juga termasuk ke dalam tuturan bertanya. Sumber data penelitian adalah guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan guru dan peserta didik untuk menggunakan: (1) tuturan bertanya langsung dan (2) tuturan bertanya tidak langsung. Tuturan bertanya tidak langsung terdapat beberapa bentuk yaitu tuturan bertanya memberitahukan, tuturan bertanya memerintah, tuturan bertanya meminta, tuturan bertanya memohon, dan tuturan bertanya menolak. Hasil penelitian ini berimplikasi pada pembelajaran bahasa di SMK Negeri 1 Cerme Gresik yang berupa referensi bagi guru untuk menggunakan tuturan bertanya dalam kegiatan belajar mengajar serta menyampaian tuturan bertanya peserta didik di dalam proses pembelajaran.

Keywords


tuturan bertanya langsung; tuturan bertanya tidak langsung; komunikatif

Full Text:

PDF

References


Alwi, & Sugondono. (2003). Politik Bahasa: Rumusan Seminar Politik Bahasa. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Anggraeni, Astria Widyaruli, (2012). Kesantunan Tindak Tutur Mahasiswa dan dalam Kegiatan Presentasi Kelas. DIDAKTIKA. 10(3): 177-185.

Azhari, Wildan. (2017). Analisis Ragam Pertanyaan dan Strategi Bertanya Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Master Bahasa. 5(1): 63- 74.

Azka, Ratu F. A., Rusminto, Nurlaksana Eko, Widodo, Mulayanto. (2013). Tuturan Bertanya Siswa pada Kegiatan Belajar Mengajar di TK dan Pembelajaran nya. KATA. 1(5): 1-12.

Chaer, Abdul. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Dewangga, Guntur Sakti. 2017. Aspek Pengetahuan dalam Tuturan BertanyaGuru Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran. DIKSI. 25(1): 25-36.

Dwijayanti, Tutut Ayu. 2019. Tindak Tutur Ilokusi Peserta Didik dalam Pebelajaran Bahasa Indonesia. SENASBASA. 3(2): 1009-1017.

Halima, Novita Nurul, Rosita, Farida Yufarlina. (2019). Tindak Tutur Ilokusi Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indoensia Kelas VIII PK di MTsN 3 Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019. An-Nas: Jurnal Humaniora. 3(2): 27-37.

Kurniawati, Yayuk. (2019). Implementasi Kompetensi Komunikatif dalam Pembelajaran Berbasis Teks: Telaah Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Mabasindo. 3(2): 164-172.

Laily, Idah Faridah. (2015). Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Al-Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. 2(1): 1-17.

Minarti, Wahyuni Asri, Yusuf, Cahyono, Wijayanti, Asri. 2020. Tindak Tutur Asertif dan Formula Materi Ajar. REPETISI. 3(1): 1-12.

Mujianto, Gigit. (2015). Tindak Tutur Guru dalam Pembelajaran Menulis dengan Komposisi Terarah Berdasarkan Tingkat Kognisi Siswa. KEMBARA. 1(2): 173-197.

Mualimah, E, N. (2018). Tindak Tutur Ilokusi Bertanya Guru. Pendidikan Dasar Setia Budhi, 2 (1): 30–37.

Muradi, Ahmad. (2014). Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat.

Meirisa, Rasyid, Yumna, Murtadho, Fathiaty. (2017). Tindak Tutur Ilokusidalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia (Kajian Etnografi Komunikasi di SMA Ehipassiko School BSD). BAHTERA. 16(2): 1-14.

Prasasti, Bawon Wiji Dia, Mujianto, Gigit. (2020). Kesantunan Pengajuan Pertanyaan pada Tuturan Ilokusi Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. NUSA. 15(2): 147-158.

Rijaldi, Arief, Hanief, Latifah. (2017). Representasi Tindak Tutur Bertoleransidalam Pembelajaran Karakter di KelasRendah pada Era Global. FKIP e-PROCEEDING, 415-428.

Rukmana, Hardiyanti Fitria, Suryadi, Diani, Irma. (2017). Tindak Tutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII Tunagrahita SMPLB Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. KORPUS. 1(1): 58-67.

Rusminto, Nurlaksana Eko. (2009). Analisis Wacana Bahasa Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Simanjuntak, Eva Betty, Puspita, Switri Indah. (2016). Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa pada MataPelajaran Bahasa Indonesia dengan MenggunakanStrategi Probing Prompting Learning di Kelas IVSD Negeri 101767 Tembung T.A 2015/2016. HANDAYANI. 5(1): 30-38.

Sofan Amri, Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013, h.208.

Wiguna, Satria, Suandi, I Nengah, Putrayasa, Ida Bagus. (2015). Pembelajaran Berpidato Bahasa Bali dengan Pendekatan Komunikatif Pada Siswa Kelas VIII B5 SMPN 4 Singaraja. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4(1): 1-11.

Zaimar, Okke Kusuma Sumantri dan Ayu Basoeki Harahap. Telaah Wacana. Depok: Komodo Books, 2009.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v6i2.1339

Article Metrics

Abstract view : 244 times
PDF - 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurliawati Dide



Creative Commons License
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.