Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Menulis Teks Anekdot dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Matchpada Siswa Kelas X SMK

Wayan Novitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis teks anekdot; dan (2) kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X TKR 2 SMK Karya Wiyata Punggur dengan menggunakan model pembelajaran make a match. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Persentase keaktifan siswa yang memiliki kategori sedang dan baik dalam siklus I adalah sebesar 76,66%, sedangkan pada siklus II menjadi 86,66%. Peningkatan kemampuan siswa menulis teks anekdot juga dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang mencapai skor >67 pada setiap siklus. Pada survei awal, persentase siswa yang dapat mencapai nilai ketuntasan sebesar 36,7%. Pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II sebesar 83,33%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X TKR 2 SMK Karya Wiyata Punggur.

 

Kata Kunci: Model Make A Match, Keaktifan, Kemampuan Menulis Teks Anekdot


Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti, Maidar, G. Arsjad, & Sakura, H. Ridwan. (2012). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Alex dan Achmad. (2011). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana Predana Media Grup.

Aqib, Z. (2014). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung:Yrama Widya.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Kurniasih, I. dan Berlin S. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Ramlah, D. F. dan Hamzah Z. (2014). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika ( Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah Solusi. (1). 3, 68-75.Diperoleh pada 2 Desember 2015, dari http://digilib.unsika.ac.id/sites/default/File Solusi/08.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta:Ar-ruzz Media.

Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning: Teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, H.G. (2008). Menulis:sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v6i2.1432

Article Metrics

Abstract view : 221 times
PDF - 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wayan Novitasari



Creative Commons License
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.