ANALISIS UNSUR INTRINSIK DAN NILAI-NILAI CERITA RAKYAT DARA BUAK DARI SUKU DAYAK MUALANG DESA TAPANG PULAU KECAMATAN BELITANG HILIR KABUPATEN SEKADAU

Novianti Noy, Yudita Susanti, Valentinus Ola Beding

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian dan kepedulian masyarakat, baik umum maupun pelajar dalam melestarikan cerita rakyat yang diwariskan oleh nenek moyang khususnya cerita rakyat Dara Buak Dari Suku Dayak Mualang Desa Tapang Pulau kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau. Kurangnya kepedulian dan minat anak terhadap cerita rakyat disebabkan oleh pesatnya kemajuan IPTEK, oleh karena itu peneliti merasa perlu adanya suatu terobosan dengan mengubah cerita rakyat yang berbentuk lisan menjadi cerita rakyat dalam bentuk tulisan serta melakukan analisis unsur dan nilai-nilai dalam cerita tersebut sehingga dapat dibaca dan mudah untuk dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis terhadap unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai dalam cerita rakyat Dara Buak. Metode dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, teknik catat dan teknik rekam. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar wawancara, kartu data, dan dokumen. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: peneliti menyimpulkan bahwa cerita rakyat Dara Buak memiliki versi yang sama dalam bahasa Dayak Mualang berdasarkan data yang diperoleh dari dua orang narasumber. Cerita rakyat Dara Buak yang awalnya berbentuk lisan diubah menjadi cerita rakyat yang dapat dibaca kedalam bentuk tulisan. Analisis unsur intrinsik cerita rakyat Dara Buak meliputi tema, alur, latar, tokoh dan penokohan serta amanat. Sedangkan analisis nilai-nilainya meliputi nilai keagamaan, nilai sosial, nilai moral dan nilai budaya. Dari hasil analisis unsur intrinsik maupun nilai-nilai yang telah dikaji, ditemukan banyak hal-hal positif yang sangat menarik untuk diteladani. Selain itu, dalam implementasi atau penerapan di sekolah, cerita ini sangat bermanfaat karena dapat dijadikan sebagai bahan ajar yang sesuai dan menarik dalam hal memahami cerita rakyat, sehingga siswa bisa menjadikan cerita rakyat tersebut sebagai contoh yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kata kunci: Unsur Intrinsik dan Nilai-Nilai Cerita Rakyat


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v1i1.229

Article Metrics

Abstract view : 544 times
PDF - 284 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL KANSASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia



Creative Commons License
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.