PENGGUNAAN METODE STRUKTUR ANALITIK SINTETIK (SAS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I A SD NEGERI 18 SP 2 NOBAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ursula Dwi Oktaviani, Evemsius Dimas Hendro Riberu, Ratih Nawang Anggreini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) pada siswa kelas I A SD Negeri 18 SP 2 Nobal. Penelitian ini dilakukan karena kemampuan membaca permulaan siswa kelas I A SD Negeri 18 SP 2 Nobal masih di bawah KKM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas I A SD Negeri 18 SP 2 Nobal yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi, tes kemampuan membaca, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek pelaksanaan pembelajaran dari siklus I sebesar 66%, meningkat pada siklus II sebesar 93% dan masuk kategori sangat baik. Partisipasi siswa dalam pembelajaran pada siklus I sebesar 66%, meningkat pada siklus II sebesar 86% dan masuk kategori sangat baik. Untuk nilai tes kemampuan membaca permulaan siswa pada siklus I rata-rata 74,57 dan meningkat pada sikus II dengan rata-rata 87,5. Demikian dapat dikatakan bahwa siswa kelas I A SD Negeri 18 SP 2 Nobal telah berhasil dalam peningkatan kemampuan membaca melalui metode Struktur Analitik Sintetik  (SAS). Apabila dikonfirmasi dengan nilai KKM sekolah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, siswa dinyatakan berhasil apabila mencapai 95% yang memperoleh nilai 67 ke atas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas IA SD Negeri 18 SP 2 Nobal.

Kata Kunci: Struktur Analitik Sintetik, Membaca Permulaan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalman, H. (2018). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Hasibuan , S. (2019). Penggunaan Metode SAS dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas IA SDN 106162 Medan Estate. SEJ (School Education Journal) Vol. 9, No. 2, Juni 2019, Hal. 184-190.

Kartika, E., Kresnadi, H., & Halidjah, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Mengunakan Metode SAS di Kelas IA SDN 44 Pulau Nyamuk. PGSD, FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Krissandi, A. D., Widharyanto, B., & Dewi, R. P. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Bekasi: Media Maxima.

Kunandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil Creative.

Nafi'ah, S. A. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Rahim, F. (2018). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Angkasa.

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama.

Salim, H., & dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Aplikasi Bagi Mahasiswa,Guru Mata pelajaran Umum dan Pendidikan Agama Islam. Medan: Perdana Publishing.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartini, Efendi, & Santosa, P. B. (2015). Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Dan Menulis Permulaan Melalui Metode SAS di Kelas 1 SD Inpres Sibalaya Utara Kecamatan Tanambulava Kabupaten Sigi. Jurnal Kreatif Online, Vol. 7, No. 3, Hal. 137-154.

Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Taseman, Akhmad, Puspita, A., & Sari, D. P. (2021). Meningkatkan kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas IA SD Bahrul Ulum Surabaya. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 3, No. 2, Desember 2021, 138-147.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v8i1.2317

Article Metrics

Abstract view : 164 times
PDF - 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ursula Dwi Oktaviani



Creative Commons License
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.