PENGGUNAAN METODE STRUKTUR ANALITIK SINTETIK (SAS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I A SD NEGERI 18 SP 2 NOBAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) pada siswa kelas I A SD Negeri 18 SP 2 Nobal. Penelitian ini dilakukan karena kemampuan membaca permulaan siswa kelas I A SD Negeri 18 SP 2 Nobal masih di bawah KKM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas I A SD Negeri 18 SP 2 Nobal yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi, tes kemampuan membaca, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek pelaksanaan pembelajaran dari siklus I sebesar 66%, meningkat pada siklus II sebesar 93% dan masuk kategori sangat baik. Partisipasi siswa dalam pembelajaran pada siklus I sebesar 66%, meningkat pada siklus II sebesar 86% dan masuk kategori sangat baik. Untuk nilai tes kemampuan membaca permulaan siswa pada siklus I rata-rata 74,57 dan meningkat pada sikus II dengan rata-rata 87,5. Demikian dapat dikatakan bahwa siswa kelas I A SD Negeri 18 SP 2 Nobal telah berhasil dalam peningkatan kemampuan membaca melalui metode Struktur Analitik Sintetik (SAS). Apabila dikonfirmasi dengan nilai KKM sekolah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, siswa dinyatakan berhasil apabila mencapai 95% yang memperoleh nilai 67 ke atas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas IA SD Negeri 18 SP 2 Nobal.
Kata Kunci:Â Struktur Analitik Sintetik, Membaca Permulaan
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dalman, H. (2018). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Hasibuan , S. (2019). Penggunaan Metode SAS dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas IA SDN 106162 Medan Estate. SEJ (School Education Journal) Vol. 9, No. 2, Juni 2019, Hal. 184-190.
Kartika, E., Kresnadi, H., & Halidjah, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Mengunakan Metode SAS di Kelas IA SDN 44 Pulau Nyamuk. PGSD, FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak.
Krissandi, A. D., Widharyanto, B., & Dewi, R. P. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Bekasi: Media Maxima.
Kunandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil Creative.
Nafi'ah, S. A. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Rahim, F. (2018). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Angkasa.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Salim, H., & dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Aplikasi Bagi Mahasiswa,Guru Mata pelajaran Umum dan Pendidikan Agama Islam. Medan: Perdana Publishing.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartini, Efendi, & Santosa, P. B. (2015). Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Dan Menulis Permulaan Melalui Metode SAS di Kelas 1 SD Inpres Sibalaya Utara Kecamatan Tanambulava Kabupaten Sigi. Jurnal Kreatif Online, Vol. 7, No. 3, Hal. 137-154.
Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Taseman, Akhmad, Puspita, A., & Sari, D. P. (2021). Meningkatkan kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas IA SD Bahrul Ulum Surabaya. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 3, No. 2, Desember 2021, 138-147.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v8i1.2317
Article Metrics
Abstract view : 164 timesPDF - 77 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ursula Dwi Oktaviani

Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.