IMPLEMENTASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE KOTA SINTANG
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi program merdeka belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah atas se kota Sintangâ€. Sekolah Menengah Atas (SMA) di dalam Kota Sintang, khususnya SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4, sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar atau program merdeka belajar. Permasalahan yang timbul apakah program merdeka belajar yang diimplementasikan sudah dilakukan sesuai dengan alur dari Kemendikbud atau tidak. Sehingga perlu dilakukan observasi lebih mendalam berkaitan dengan implementasdi program merdeka belajar pada keempat sekolah SMA tersebut. Mulai dari penyusunan RPP hingga peneilaian. Pendekatan penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Yang menjadi subjek penelitian adalah empat orang guru bahasa Indonesia SMA se kota Sintang. Objek penelitiannya adalah perangkat pembelajaran yang sesuai dengan format kurikulum merdeka belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara tak berstruktur, observasi tak berstruktur, dan dokumen. Uji keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi uji credibility, transferability, dependability dan confirmability. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan, dan setelah selesai di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, SMA Negeri 1 Sintang belum menerapkan program merdeka belajar, sedangkan SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4 yang ada di kota Sintang sudah menerapkan program merdeka belajar pada kelas X semester ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023.
Â
Kata Kunci: Program Merdeka Belajar, Bahasa IndonesiaFull Text:
PDFReferences
Ningrum, Ajeng Sestya. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar (Metode Belajar). Prosiding Pendidikan Dasar. 2022. Volume 1 (1). 166-177. Tersedia dari: http://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/article/view/186
Putri, Cindi Arjihan Desita, dkk. Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK Jurnal Tindakan Kelas. 2022. Volume 3 (1). Tersedia dari: https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article /view/104
Djafar, dkk. Efektivitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. BIOEDUKASI. 2022. Volume 13 (2). Tersedia dari: https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/biologi/article/view/6348
Maulida, Utami. Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam. 2022. Volume 5 (2). Tersedia dari: https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/392
Hardani, dkk. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Maret 2020. CV. ResearchGate. Pustaka Ilmu Group. 2020. 14 Maret 2023. Tersedia dari: https://www.researchgate.net/publication/340021548_Buku_Metode_Penelitian_Kualitatif_Kuantitatif.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v8i1.2402
Article Metrics
Abstract view : 173 timesPDF - 75 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Herpanus Herpanus, Valentinus Ola Beding, Evi Fitrianingrum
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.