PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah menulis paragraf deskripsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi menggunakan model pembelajaran picture and picture. Sementara itu, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun bentuk dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 07 Satu Atap Sekadau Hilir yang berjumlah 14 orang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik observasi, teknik pengukuran, teknik komunikasi langsung, dan teknik studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman. Hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture di kelas VII SMP Negeri 07 Satu Atap Sekadau Hilir dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi. Pada siklus I, siswa yang mencapai KKM ada 9 siswa atau 64,71% sedangkan siklus II, siswa yang mencapai KKM ada 13 siswa atau 92,85%. Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 28,12% peningkatan rata-rata nilai siswa siklus I 11,15% dan siklus II sebesar 36,25% maka rata-rata peningkatan hasil tes siswa sebesar 25,21%. Respon siswa terhadap pembelajaran menulis paragraf sangat baik hal ini dibuktikan dengan nilai yang diperoleh siswa pada siklus II sangat baik dan memuaskan. Siswa mengatakan senang dan nyaman belajar dengan model pembelajaran picture and pictureini karena tidak membosankan dan dapat berimajiinasi dengan gambar yang diberikan.
Kata Kunci: Ketrampilan Menulis Paragraf Deskripsi, Model Pembelajaran Picture and
Picture
Full Text:
PDFReferences
Dalma, H. 2016. Ketrampilan Menulis. Cetakan ke-5. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Hakim, Thursan. 2010. Belajar Secara Efektif. Jakarta : Pustaka Pembangun Swadaya
Nusantara.
Ningrum, Epon.2014. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Ombak.
Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Cetakan ke-3. Yogyakarta : Aswaja
Pressindo.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-
Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-
Bandung : Alfabeta.
Tyawati, Elis. 2014. Peningkatan kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Dengan Metode
Mengajar Luar Kelas (Outdoor Study) Pada Siswa Kelas XC Sekolah Menengah Atas Negeri 4 SintangTahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Persada Khatulistiwa Sintang : Tidak Diterbitkan.
Tarigan. H.G. 2013. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Group.
Wulandari, Erma. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Melalui
Eksplorasi Kata Berdasarkan Gambar Pada Siswa Kelas X Sma Plus Darul Hikmah Gambiran Banyuwangi (Improving Descriptive Paragraph Writing Ability Through Word ExplorationBased On Pictures By Students Of X Grade At Sma Plus “Darul Hikmahâ€Gambiran Banyuwangi). Jurnal Edukasi Unej, Volume 1 Nomor 2, Halaman 1- 4.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v6i2.2404
Article Metrics
Abstract view : 58 timesPDF - 46 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Valentinus Ola Beding, Erwin Rahmat
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.