MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS MENGISI FORMULIR METODE KOOPERATIF STAD PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 21 TELUK MENYURAI SINTANG

Puji Winarti

Abstract


Metode kooperatif STAD merupakan model pembelajaran kooperatif yang bercirikan saling ketergantungan yang bersifat positif antara siswa, adanya interaksi antara siswa yang semakin meningkat, adanya tanggung jawab individual, keterampilan interpersonal dan kelompok kecil, serta Proses kelompok. Dalam penelitian, metode kooperatif STAD diterapkan untuk mendorong siswa agar bekerja sama dalam menulis dan mengisi formulir dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Metode STAD diterapkan dalam tindakan kelas. Setelah dua siklus tindakan, siswa dapat lebih memiliki ketrampilan menulis dan juga lebih menguasai dalamĀ  mengisi formulir. Dalam penilaian yang dilakukan, tiga komponen nilai siswa yang meliputi praktik, sikap, dan nilai sama-sama meningkat signifikan. Hal ini juga meningkatkan hasil belajar siswa. Metode Kooperatif STAD terbukti dapat meningkatkan prestasi siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Kata Kunci: Mengisi Formulir, Metode Kooperatif STAD

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v1i2.246

Article Metrics

Abstract view : 125 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL KANSASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia



Creative Commons License
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.