HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA OPINI DENGAN MENULIS ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 01 KELAM PERMAI

Emi Roska Hartati, Yunita Astikawati

Abstract


Masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca opini dengan menulis argumentasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif serta bentuk penelitiannya yaitu penelitian korelasi. Total skor kebiasaan membaca opini yang diperoleh adalah 8348 dengan rata-rata 74,53 (berkategori baik). Sedangkan menulis argumentasi memproleh total skor yaitu 8487 dengan rata-rata 76 (berkategori baik). Berdasarkan perhitungan data, diperoleh nilai 0,450 > 0,1857 (kategori cukup), koefesien determinasi diperoleh KP = 20,25% yang berarti sebesar 20,25% kontribusi sumbangan variable (X) terhadap variabel (Y) sisanya 79,75% disebabkan oleh faktor-faktor lain, hasil penghitungan pengujian hipotesis 5,28 > 1,658 terdapat hubungan yang signifikan. Maka dari itu, Ho ditolak dan Ha diterima.

 

Kata kunci: kebiasaan membaca opini, menulis argumentasi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v2i1.290

Article Metrics

Abstract view : 116 times
PDF - 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Emi Roska Hartati, Yunita Astikawati



Creative Commons License
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.