PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 SERAWAI

Asteria Nurhani, Valentinus Ola Beding, Agusta Kurniati

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Serawai yang belum mencapai standar ketuntasan pada pelajaran menulis cerita pendek, adapun hambatan pembelajaran menulis cerita pendek bagi siswa yaitu: malas menulis, kurang mampu dalam mengelola waktu, merasa kurang bahan dalam menyusun tulisan, sulit menentukan topik yang menarik untuk sebuah tulisan, kesulitan dalam menuangkan ide dan gagasan dan merasa tidak memiliki tantangan dalam menghasilkan sebuah tulisan. Penelitian ini difokuskan pada peningkatan kemampuan menulis cerita pendek menggunakan media audio visual. Subyek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 4 Serawai Kec. Serawai Kab. Sintang Barat yang berjumlah 24 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa, peningkatan kemampuan menulis siswa, serta respon siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan media audio visual yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi siswa dan guru, lembar wawancara, dan tes kemampuan menulis. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan menulis siswa pada siklus I sebesar 70,83% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 83,33%, sehingga terjadi peningakatan dari siklus I ke siklus II sebesar 12,50%. Hal ini menunjukan kemampuan menulis siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan media audio visual. Peneliti menyarankan untuk pembelajaran menulis sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan perkembangan siswa, agar siswa lebih senang menulis.

Kata kunci: kemampuan menulis cerita pendek, media audio visual


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v2i2.293

Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Asteria Nurhani, Valentinus Ola Beding, Agusta Kurniati



Creative Commons License
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.