UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN ULANGAN HARIAN MELALUI RAPAT KERJA SEKOLAH DI SDN 01 TEMPUNAK DAN SDN 16 SP.5 SKPD PANDAN
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kompetensi guru dalam menyusun ulangan harian melalui rapat kerja sekolah. Subyek dalam penelitian tindakan sekolah ini ádalah guru Bahasa Indonesia dan PKn di SDN 1 Tempunak  yang berjumlah 2 orang dan SDN 16 SP 5 SKPD Pandan berjumlah 2 orang. Waktu yang digunakan dalam penelitian ini ádalah selama 3 bulan dari Juli – Oktober 2013. Melalui rapat kerja, guru SD Negeri 01 Tempunak dan SD Negeri 16 SP 5 SKPD Pandan sudah dapat menyusun tes Ulangan harian, berdasarkan kreteria pembuatan soal yang telah ditentukan. Hal itu terbukti dari hasil tabolasi data penelitian penyusunan tes Ulangan harian bagi  guru-guru SDN 1 Tempunak dan SDN 16 SP 5 SKPD Pandan  Yang dijadikan sampel. Dan hasil skor penilaian menunjukkan bahwa, pada kegiatan siklus pertama, dengan rata-rata skor nilai 58.00 dan pada siklus kedua meningkat menjadi 72.00, terjadi peningkatan sebesar 24,13 %.
Â
Kata kunci: kompetensi guru, ulangan harian, rapat kerja sekolah
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&B. Bandung:
Alfabeta, CV.
Kunandar.2016. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi
Guru.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Article Metrics
Abstract view : 85 timesPDF - 56 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Minto Minto
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.