UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN ULANGAN HARIAN MELALUI RAPAT KERJA SEKOLAH DI SDN 01 TEMPUNAK DAN SDN 16 SP.5 SKPD PANDAN

Minto Minto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan  kompetensi guru dalam menyusun ulangan harian melalui rapat kerja sekolah. Subyek dalam penelitian tindakan sekolah ini  ádalah guru Bahasa Indonesia dan PKn di SDN 1 Tempunak  yang berjumlah 2 orang dan SDN 16 SP 5 SKPD Pandan berjumlah 2 orang. Waktu yang digunakan dalam penelitian ini ádalah selama 3 bulan dari Juli – Oktober 2013. Melalui rapat kerja,  guru SD Negeri 01 Tempunak dan SD Negeri 16 SP 5 SKPD Pandan sudah  dapat  menyusun tes Ulangan harian, berdasarkan  kreteria pembuatan soal yang telah  ditentukan. Hal itu terbukti dari  hasil tabolasi data penelitian penyusunan tes Ulangan harian bagi   guru-guru SDN 1 Tempunak dan SDN 16 SP 5 SKPD Pandan  Yang dijadikan sampel. Dan hasil skor penilaian menunjukkan bahwa,  pada kegiatan siklus pertama, dengan  rata-rata skor nilai 58.00  dan pada siklus kedua meningkat menjadi 72.00,  terjadi peningkatan  sebesar  24,13 %.

 

Kata kunci: kompetensi guru, ulangan harian, rapat kerja sekolah


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&B. Bandung:

Alfabeta, CV.

Kunandar.2016. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi

Guru.Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 85 times
PDF - 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Minto Minto



Creative Commons License
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.