UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI SDN 19 SP 3 PAOH TERHADAP PERUMUSAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA MELALUI METODE SIMULASI
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SDN 24 SPBF Kelansam Tempunak dalam mempermudah  pemahaman Negara melalaui metode peta konsep. Penelitian ini merupakan “Penelitian Tindakan†yang dilaksanakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dan peneliti sebagai pelaku tindakan. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas, yang berfokus pada pembelajaran di kelas dan mengenai hal-hal yang terjadi di kelas. Berdasarkan penelitian diperoleh nilai rata-rata tes formatif sebesar 81,82 dan dari 25 siswa yang telah tuntas sebanyak 23 siswa dan 2 siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Maka secara klasikal ketuntasan belajar yang telah tercapai sebesar 86,36% (termasuk kategori tuntas). Hasil pada siklus III ini mengalami peningkatan lebih baik dari siklus II. Adanya peningkatan hasil belajar pada siklus III ini dipengaruhi oleh adanya peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran metode tanya jawab sehingga siswa menjadi lebih terbiasa dengan pembelajaran seperti ini sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi yang telah diberikan. Pada siklus III ini ketuntasan secara klasikal telah tercapai, sehingga penelitian ini hanya sampai pada siklus III.
Â
Kata kunci: peningkatan hasil belajar, peta konsep
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penulisan Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Kurniawan (editor) 2006. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SD/MI Kelas VI, Sukoharjo, Fokus, 2006
Dahar, R. W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Balai Pustaka.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Djamarah. Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Sardiman. 1987. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: CV. Rajawali
DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v3i1.302
Article Metrics
Abstract view : 142 timesPDF - 98 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Mispandi Mispandi

Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.