ANALISIS PENGARUH BAHASA CAMPUR KODE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS 1 SDN 24 TRANS MELANJAN

Ursula Dwi Oktaviani, Sri Astuti, Agusta Kurniati, Irmina Naben

Abstract


Setelah melakukan Praobservasi peneliti menemukan di kelas 1 masih ada siswa yang memerlukan bantuan bahasa daerah dikarenakan pemahamannya yang kurang terhadap kosakata Bahasa Indonesia dalam pembelajaran sehingga guru pada saat mengajar menggunakan dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dan bahasa daerah sendiri sebagai bahasa bantu sehingga anak-anak dalam pembelajaran akan merasa terbantu. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil analisis yang berpengaruh terhadap bahasa daerah campur kode dapat dilihat dari hasil tes yang telah diberikan. Hasil nilai siswa pada soal tes 1 yang diberikan pada siswa kelas 1 dalam bentuk tes bahasa daerah dengan Jumlah peserta soal sebanyak 25 Orang. Nilai di kategorikan baik, yaitu sebanyak 20 orang siswa dinyatakan tuntas dan sebanyak 5 orang siswa dinyatakan tidak tuntas dengan nilai kriteria ketuntasan minimal 65. Berdasarkan hasil soal tes tersebut sebagai pembanding maka dilakukan pula tes yang ke-2 dengan soal tes dalam bentuk Bahasa Indonesia yang diikuti oleh siswa kelas 1 dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang dengan nilai kriteria ketuntasan minimal 65 dan hasil yang diperoleh sebanyak 6 orang siswa tuntas dan sebanyak 19 orang siswa dinyatakan tidak tuntas. Hal ini dikarenakan adanya pembiasaan yang di lakukan guru. Guru menjalankan perannya, yaitu dengan membantu siswa dalam berbahasa dan berkomunikasi dengan orang lain baik teman sebaya, guru, maupun siapa saja yang berada di sekitar. Hal ini dibuktikan dengan data hasil observasi sebesar 73,70%, sedangkan untuk hasil belajar kognitif dibuktikan dengan nilai tes dan nilai rerata yang di peroleh sebesar 83,33, sehingga Upaya guru dalam membantu siswa dengan penggunaan bahasa campur kode baik dan lancar. Berdasarkan hasil analisis data penelitian di simpulkan bahwa Pengaruh bahasa campur kode terhadap hasil belajar kognitif siswa sesuai dengan yang di harapkan. Hal ini di buktikan dengan hasil observasi dengan persentase sebesar 73,70%, sedangkan untuk hasil belajar kognitif dilakukan tes, yaitu tes dengan nilai rerata yang di peroleh sebesar 83,33, sehingga Upaya guru dalam membantu siswa dalam pemahaman kosakata bahasa Indonesia dengan penggunaan bahasa campur kode di kelas 1 baik dan lancar.

 

Kata Kunci: Pengaruh, Bahasa Campur Kode, Hasil Belajar, Kognitif


Full Text:

PDF

References


nasionalisme bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra, 1(2), 2775-7625. doi:https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Bahtra

Ashadi, F. 2018. Pengaruh Bahasa Sederhana Terhadap Hasil Belajar Kognitif pada

Anak Kelompok B TK. Jurnal Pendidikan Modern, 3(2), 6-11. Retrieved from https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/download/25/16

Haryani, S. 2020. Studi komporasi hasil belajar kognitif dan hasil belajar psikomotorik

antar siswa Lulusan SMP dan Siswa Lulusan MTS pada materi Haji di SMA Negeri 5 Tapung. Pekan Baru: Universitas Islam Negeri sultan Syarif Kasim Riau.

Savitri, A. I. 2019. Language maintence through comic Strips. Journal of culture,

literaty, and linguistic studies, 3(1), 11-16. doi:https://doi.org/10.14710/culturalistics.v3i1.3861

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v8i2.3190

Article Metrics

Abstract view : 110 times
PDF - 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ursula Dwi Oktaviani, Sri Astuti, Agusta Kurniati, Irmina Naben



Creative Commons License
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.