PENINGKATAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PUTUSSIBAU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Yokie Prasetya Dharma, Agustina Bunga Ilam

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menceritakan kembali isi dongeng menggunakan media gambar seri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan media gambar seri dalam proses belajar menceritakan kembali isi dongeng berjalan dengan baik dan lancar, serta siswa merespon proses belajar dengan baik. Hasil tes menunjukkan bahwa media gambar seri mampu meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi dongeng siswa  kelas VII SMP Negeri 3 Putussibau. Siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal pada siklus I sebesar 30% dengan rata nilai kelas sebesar 75,2, sedangkan pada siklus II meningkat hingga 100% siswa yang dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata kelas 90,2. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan, bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatan kemampuan menceritakan kembali isi dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 3 Putussibau Tahun Pelajarn 2016/2017.

 

Kata Kunci: Media Gambar Seri, Dongeng, Bercerita

Full Text:

PDF

References


Ambrani. 2015. Penerapan metode bercerita berbantuan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menyimak anak. Joernal. Volume 3. No 1. Hal 5-7.

Arikunto.S.2013. Prosedur Penelitian. Jakarta ; Rineka Cipta

Arikunto, S., Suhardjono dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Angkasa

Arsjad dan Mukti. 2013. Faktor-faktor yang Penunjang Bercerita. Tersedia:

Elfanany, B. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Araska.

Hardini. 2012. Hubungan yang Positif dan Signifikan antara Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Bercerita Siswa Kelas V SD N se-Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhamadiyah.

Iskandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jambi: Gaung Persada Press.

Kartini. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Gambar Seri Pada Anak Kelompok B Tk Kanisius Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhamadiyah.

Katimiati. 2015. Mengembangkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar Seri Pada Anak Kelompok A Tk Al Hidayah Jatinom 1 Kecamatan Kanigoro. Skripsi. Blitar: PG-PAUD FKIP Universitas Nusantara.

Khusniah. 2015. Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Gambar Seri Pada Anak Kelompok A Di TK Surya Harapan Candi Sidoarjo. Laporan Penelitian. Jurusan PG PAUD. Universitas Negeri Sebelas Maret.

Prasetyarini. 2014. Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Joernal Dinas Pendidikan Surabaya. Volume 6. Hal 5-7. Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v6i2.3809

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yokie Prasetya Dharma, Agustina Bunga Ilam



Creative Commons License
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.