PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDENGARKAN CERITA RAKYAT DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA KELAS V

Yokie Prasetya Dharma, Fitriyani Fitriyani

Abstract


Tujuan umum dalam penelitian  ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mendengarkan cerita rakyat dengan media gambar seri pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 07 Siut Kecamatan Putussibau Utara Kebupaten Kapuas Hulu Tahun Pelajaran 2018/2019. Matode penellitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dan bentuk penelitiannya menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa dan guru. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi, pengukuran, wawancara dan dokumetasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan media gambar seri di kelas V Sekolah Dasar Negeri 07 Siut dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dimana siswa terlihat memiliki antusias yang baik dalam pembelajaran. Sedangkan dari faktor guru meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru; aktivitas siswa mengalami peningkatan keantusiasan dalam belajar dan keaktifan mendengarkan cerita rakyat yang sangat baik, penggunaan media gambar seri dalam kemampuan mendengarkan cerita rakyat menggunakan media gambar seri pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 07 Siut dikategorikan sangat baik yaitu siklus I, ketuntasan 70,83% dan pada siklus II, klasikal 91,67% sehingga terjadi peningkatan sebesar 20,04%, hal ini menunjukkan bahwa media gambar seri mampu menjadi sebuah sarana yang mengantar pada pengembangan kemampuan berfikir siswa.

 

Kata Kunci: Mendengarkan Cerita Rakyat, Media Gambar Seri

Full Text:

PDF

References


Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alpabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alpabeta.

Yuliadi. 2014. Media Gambar Seri. (Online). (Tersedia): http://mi1kelayu.blogspot.co.id/2014/01/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html. (12 Maret 2016).




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v8i1.3810

Article Metrics

Abstract view : 17 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yokie Prasetya Dharma, Fitriyani Fitriyani



Creative Commons License
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.