PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 43 TAPANG ACEH TAHUN AJARAN 2019/2020

Gabriel Serani, linawati linawati, Lidia Heni

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan penguasaan kosakata bahasa Indonesia menggunakan media gambar pada siswa kelas 1 sekolah dasar negeri 43 Tapang Aceh tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu penguasaan kosakata bahasa Indonesia pada materi kegiatan pagi hari dan media gambar. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan bentuk penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik pengukuran, sedangkan alat pengumpulan data menggunakan
lembar observasi, lembar catatan lapangan dan lembar tes. Hasil observasi menunjukan aktivitas guru mendapat kategori sangat baik dengan persentase 93,75% pada siklus II, dan partisipasi siswa mendapat kategori sangat baik dengan persentase 94,44% pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan penguasaan kosakata bahasa Indonesia menggunakan media gambar. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata penguasaan kosakata siswa pada pra siklus sebesar 13%, meningkat menjadi 73,33% pada tindakan siklus I, dan mencapai 93,33% pada tindakan siklus II.
Kata Kunci: Penguasaan Kosakata, Media Gambar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v5i1.741

Article Metrics

Abstract view : 547 times
PDF - 385 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Gabriel Serani, linawati linawati, Lidia Heni



Creative Commons License
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.