HUBUNGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN KEMAMPUAN MENERAPKAN NILAI-NILAI PANCASILA

Agnesia Hartini, Lukas Robinson

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan hasil belajar siswa dengan kemampuan menerapkan nilai-nilai Pancasila pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VII SMP Nusantara Indah Sintang tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan bentuk penelitian studi korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Nusantara Indah Sintang Tahun Pelajaran 2019/2020, dengan sampel keseluruhan siswa kelas VII yang berjumlah 29 orang. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung dengan alat ukur berupa embar angket dan teknik studi dokumentasi dengan alat pengumpulan data berupa dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan tiga temuan. Pertama, hasil belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi terbukti dari 29 siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini memperoleh skor rata-rata sebesar 77,72 dengan skor tertinggi 94 dan terendah 49. Kedua,
kemampuan menerapkan nilai-nilai Pancasila pada mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan termasuk dalam kategori cukup, hal ini terbukti dari 32 siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini memperoleh skor rata-rata sebesar 80,72 dengan skor tertinggi 96 dan skor terendah 56. Ketiga, hubungan hasil belajar siswa dengan kemampuan menerapkan nilai-nilai Pancasila pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VII SMP Nusantara Indah Sintang tahun pelajaran 2019/2020 termasuk dalam kategori kuat yaitu
sebesar 0,742. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat korelasi kedua variabel dapat terjawab yaitu terdapat hubungan yang positif antara hasil belajar siswa dengan kemampuan menerapkan nilai-nilai Pancasila pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VII SMP Nusantara Indah Sintang tahun pelajaran 2019/2020.
Keyword: Hasil Belajar, Kemampuan Menerapkan Nilai-nilai Pancasila


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v5i1.742

Article Metrics

Abstract view : 196 times
PDF - 166 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Agnesia Hartini, Lukas Robinson



Creative Commons License
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.