EKSISTENSI ANAK USIA DINI BERKARAKTER MANDIRI BERBASISPOLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA

Yohanes Berkhmas Mulyadi

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi anak usia dini berkarakter mandiri berbasis pola asuh demokratis orang tua.Metode yang digunakan adalah metode bimbingan yang dilakukan orang tua kepada anaknya, dengan pendekatan kehangatan atau kasih sayang, kedisiplinan,kebebasan bernilai moral dan etika, hadiah dan hukuman yang rasional manusiawi, dan penerimaan anak. Pendekatan tersebut merupakan karakteristik pola asuh demokratis orang tua. Eksistensi anak usia dini berkarakter mandiri teraktualisir  pada kemampuan melakukan aktivitas sendiri, membuat keputusan atau pilihan sendiri sesuai pikirannya, mampu bersosialisasi dengan orang lain tanpa perlu ditemani orang tua, berminat pada hal-hal baru, mampu berinisiatif dan mempunyai rasa percaya diri. Eksistensi anak usia dini berkarakter mandiri menjadi berkembang bila dibiasakan, dimotivasidan ditopang oleh pola asuh demokratis orang tua. Dengan demikian pola asuh demokratis orang tua menjadi basis pengembangan kepribadian dalam membangun eksistensi anak usia dini berkarakter mandiri.

Kata kunci : Karakter mandiri, Pola asuh demokratis orang tua.


Full Text:

PDF

References


BPS - Statistics Indonesia and ILO. 2010, Working Children in Indonesia

(based on the National Labour Force Survey (SAKERNAS) and Indonesia Child Labour Survey, Jakarta: BPS and ILO

Boumrind,D.2015.PolaAsuh.http://aryedu

Cationblogspot.com/2014/03.Karya Ilmiah-Pengaruh Pola Asuh Orang tua.html

Bowman, B., dkk.2001. Eager to Learn:

Educatingourpreschoolers.Washington, D.C.:National Research Council, Committee on Early Childhood Pedagogy

Chasanah, R. 2014. Pendidikan Karakter

Melalui Percontohan Sains Sederhana Untuk AnakUsia Dini. Bantul: Kreasi Wacana

DeRoche, Edward. 2009. The What, Why,

and How of Character Education.

http://www.csee.org/products/htm

Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan

Peserta Didik. Panduan Bagi Orang Tua DanGuru Dalam MemahamiPsikologi Anak Usia SD, SMP dan SMA. Bandung: PT. Remaja RosdaKarya.

Hurlock. 2002. Perkembangan Anak.

Jakarta : Erlangga

..............2009.Psikologi Perkembangan :

Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang KehidupanTerjemahan Istiwidayanti&Soedjarwo.Jakarta: Erlangga

http://www.artikata.com /arti 330870-

intensitas.html.Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Diakses 11Maret 2018

Koesoema, D. 2007. Pendidikan

Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global.

Jakarta: Grasindo

Nurhayati.Eti. 2010. Bimbingan

Keterampilan dan Kemandirian Belajar. Bandung:

Batic Press.

Purwanto, N. 2004. Psikologi

Pendidikan,Bandung :Rosda Karya.

Sumanto. 2014. Psikologi Umum.

Jakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service)

Sutirna. 2013. Perkembangan dan

Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta: Andi Offset

Tridhonanto, B. 2014. Mengembangkan

Pola Asuh Demokratis.Jakarta : PT. Elex Media Komputindo

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional ayat 1 pasal 28. Jakarta

Waruwu, F. 2010. Membangun Budaya

Berbasis Nilai. Panduan Pelatihan Bagi Trainer. Jakarta: Grasindo

Wahyuning,W.2003.Mengkomunikasikan

Moral Kepada Anak,Jakarta : PT.Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i1.274

Article Metrics

Abstract view : 391 times
PDF - 565 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.