EKSISTENSI ANAK USIA DINI BERKARAKTER MANDIRI BERBASISPOLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi anak usia dini berkarakter mandiri berbasis pola asuh demokratis orang tua.Metode yang digunakan adalah metode bimbingan yang dilakukan orang tua kepada anaknya, dengan pendekatan kehangatan atau kasih sayang, kedisiplinan,kebebasan bernilai moral dan etika, hadiah dan hukuman yang rasional manusiawi, dan penerimaan anak. Pendekatan tersebut merupakan karakteristik pola asuh demokratis orang tua. Eksistensi anak usia dini berkarakter mandiri teraktualisir  pada kemampuan melakukan aktivitas sendiri, membuat keputusan atau pilihan sendiri sesuai pikirannya, mampu bersosialisasi dengan orang lain tanpa perlu ditemani orang tua, berminat pada hal-hal baru, mampu berinisiatif dan mempunyai rasa percaya diri. Eksistensi anak usia dini berkarakter mandiri menjadi berkembang bila dibiasakan, dimotivasidan ditopang oleh pola asuh demokratis orang tua. Dengan demikian pola asuh demokratis orang tua menjadi basis pengembangan kepribadian dalam membangun eksistensi anak usia dini berkarakter mandiri.
Kata kunci : Karakter mandiri, Pola asuh demokratis orang tua.
Full Text:
PDFReferences
BPS - Statistics Indonesia and ILO. 2010, Working Children in Indonesia
(based on the National Labour Force Survey (SAKERNAS) and Indonesia Child Labour Survey, Jakarta: BPS and ILO
Boumrind,D.2015.PolaAsuh.http://aryedu
Cationblogspot.com/2014/03.Karya Ilmiah-Pengaruh Pola Asuh Orang tua.html
Bowman, B., dkk.2001. Eager to Learn:
Educatingourpreschoolers.Washington, D.C.:National Research Council, Committee on Early Childhood Pedagogy
Chasanah, R. 2014. Pendidikan Karakter
Melalui Percontohan Sains Sederhana Untuk AnakUsia Dini. Bantul: Kreasi Wacana
DeRoche, Edward. 2009. The What, Why,
and How of Character Education.
http://www.csee.org/products/htm
Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan
Peserta Didik. Panduan Bagi Orang Tua DanGuru Dalam MemahamiPsikologi Anak Usia SD, SMP dan SMA. Bandung: PT. Remaja RosdaKarya.
Hurlock. 2002. Perkembangan Anak.
Jakarta : Erlangga
..............2009.Psikologi Perkembangan :
Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang KehidupanTerjemahan Istiwidayanti&Soedjarwo.Jakarta: Erlangga
http://www.artikata.com /arti 330870-
intensitas.html.Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Diakses 11Maret 2018
Koesoema, D. 2007. Pendidikan
Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global.
Jakarta: Grasindo
Nurhayati.Eti. 2010. Bimbingan
Keterampilan dan Kemandirian Belajar. Bandung:
Batic Press.
Purwanto, N. 2004. Psikologi
Pendidikan,Bandung :Rosda Karya.
Sumanto. 2014. Psikologi Umum.
Jakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service)
Sutirna. 2013. Perkembangan dan
Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta: Andi Offset
Tridhonanto, B. 2014. Mengembangkan
Pola Asuh Demokratis.Jakarta : PT. Elex Media Komputindo
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional ayat 1 pasal 28. Jakarta
Waruwu, F. 2010. Membangun Budaya
Berbasis Nilai. Panduan Pelatihan Bagi Trainer. Jakarta: Grasindo
Wahyuning,W.2003.Mengkomunikasikan
Moral Kepada Anak,Jakarta : PT.Elex Media Komputindo.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i1.274
Article Metrics
Abstract view : 391 timesPDF - 565 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.