IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTERKELAS III SD TEMPUNAK KABUPATEN SINTANG
Abstract
Abstrak
Â
Penelitian ini bertolak dari belum maksimal implementasi kebijakan pendidikan karakter kelas III Sekolah Dasar Tempunak Kabupaten Sintang.Tujuan umum penelitian adalah mendeskripsikan kebijakan pendidikan karakter di kelas III Sekolah Dasar Tempunak Kabupaten Sintang. Tujuan khusus penelitian adalah mendeskripsikan 1) Bentuk kebijakan pendidikan karakter di kelas III Sekolah Dasar Tempunak Kabupaten Sintang, 2) Kendala dalam mengimplementasikan kebijakan pendidikan karakter di kelas III Sekolah Dasar Tempunak Kabupaten Sintang, 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam mengimplementasikan kebijakan pendidikan karakter di kelas III Sekolah Dasar Tempunak Kabupaten Sintang. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling.Subjek penelitian adalah Kepala Seksi Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang, Ketua komite SD Tempunak, Kepala sekolah, guru agama dan guru kelas III SD Tempunak. Hasil penelitian menunjukkan pemerintah melalui Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Sintang dan para guruberkomitmen membangun dan mengembangkan karakter positif peserta didik sehingga menjadi manusia yang mandiri, berkepribadian baik, percaya diri, motivasi, cerdas dan berakhlak.
Â
Kata kunci : Kebijakan Pendidikan Karakter, Kelas III, Sekolah Dasar Tempunak
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta
Fathurrohman, P, dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung : Refika Aditama
Hurlock, E.B. 2007. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.(Edisi kelima) Jakarta : Erlangga
Husaini, A.2010. Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab, dalam Pendidikan Karakter Membangun Bangsa Beradab. Bandung : UPI
Peraturan Presiden Republik Indonesia, Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan. Jakarta
Kementrian Pendidikan Nasional Melalui Badan Penelitian dan Pengembangan , 2010. Pusat Kurikulum Kementrian Pendidikan Nasional. Jakarta.
Nasution, S. 2009. Metode Research Penelitian (Penelitian Ilmiah). Jakarta : PT Bumi Aksara
Samani, dkk. 2011. Konsepdan Model Pendidikan Karakter.Bandung: Rosda.
Sapriya, 2007. Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Warga Negara. Jurnal Sekolah Dasar. Vol 16 (1).
Saptono, dkk. 2011. Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter : Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta : Esensi Erlangga Grup
Sibarani, R. 2012. Membentuk Karakter sesuai Kearifan Lokal. Jakarta : ATL. 2011.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung : PT Alfabeta.
.............., 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung : PT Alfabeta.
Thomas Lickona, 2013. Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung : Nusa Media.
Tilaar, H.A.R & Nugroho, R. 2008. Kebijakan Pendidikan : Pengantar untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan sebagai Kebijakan Publik. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Tidak Diterbitkan). Jakarta : Depdiknas, www.education planner.org.
Suyanto. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter. Direktorat Jenderal Managemen Pendidikan Dasar dan Menenga. Jakarta
DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i1.607
Article Metrics
Abstract view : 167 timesPDF - 168 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.