ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DI SMP NEGERI 3 DEDAI TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertolak dari keprihatinan guru terhadap proses belajar siswa di sekolah, terutama ditengah pandemi wabah Virus Corona yang melanda seluruh bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Hal demikian telah membuat proses belajar mengajar di sekolah cukup terhambat dan menyebabkan siswa terus diliburkan. Kondisi demikian menjadi kendala yang cukup serius bagi para guru dan siswa untuk terus melaksanakan proses belajar mengajar yang efektif di sekolah seperti dahulu. Untuk itu, diperlukan upaya kreatif dari para guru supaya pembelajaran tetap dapat dilangsungkan walaupun hanya dari rumah dengan memanfaatkan teknologi berupa aplikasi Zoom Meeting. Upaya kreatif yang dimunculkan guru supaya proses pembelajaran dapat terus berlangsung dan diyakini tidak membuat siswa bosan adalah model pembelajaran diskusi. Adapun permasalahan umum yang berusaha dicari pemecahannya, antara lain: (1) Pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan metode diskusi; (2) Hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran PKn; (3) kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam proses pembelajaran diskusi. Proses pengumpulan data menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan instrumen yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses belajar mengajar di SMP Negeri 3 Dedai menggunakan metode diskusi cukup berhasil; (2) Hasil belajar siswa cukup baik, walaupun sebenarnya kalau mau jujur, nilai mereka menurun, namun karena guru mempunyai pertimbangan yang cukup banyak, maka nilai siswa paling tidak diusahakan stagnan (3) Kendala yang dihadapi adalah pengeluaran orang tua siswa yang cukup besar berkaitan dengan kuota untuk internet, seringkali gangguan signal terutama pada saat cuaca buruk dan bagi siswa yang tinggal jauh dari pusat kecamatan diperlukan tempat khusus yang ada signal untuk mengakses internet.
Â
Kata kunci: Mata Pelajaran PKn, Metode Diskusi, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Purwanto. 2016. Evalusai Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.
Syafruddin. 2017. “Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa†[diunduh 2020 April 05] tersedia pada Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro Volume 1 No. 1.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1164
Article Metrics
Abstract view : 663 timesPDF - 699 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.