PENGARUH SITUASI PASCA KONFLIK SOSIAL TERHADAP PEMBELAJARAN PKn di SEKOLAH
Abstract
Maluku pasca konflik sosial Masyarakat kini tinggal terkotak-kotak, pada wilaya wilaya tertentu berdasarkan kelompok dan golongan. Namun dalam kehidupan sehari-hari, interaksi antar kelompok sudah berjalan “normalâ€. Tapi, untuk tinggal berbaur dengan kelompok yang berbeda, masih dirasakan kurang “nyamanâ€. Kelompok tertentu, yang umumnya bekerja sebagai pedagang, menunggu situasi kondusif. Semua data dan informasi mengenai konflik sosial dikemas melalui sebuah perangkat metode penelitian kualitatif yang menurut peneliti sangat efekif dalam rangka merealisir tujuan penelitian ini. Melalui teknik obsevasi langsung, Disamping itu penulis juga menggunakan metode wawancara mendalam, terutama terhadap beberapa orang informasi kunci yang ditentukan secara sengaja sesuai kebutuhan penelitian ini. Melalui perangkat metode-metode itulah, hasil penelitian ini dapat disajikan melalui penelitian ini. Atas dasar itulah penulis bermaksud membuat analisis secara lengkap dan konprehansif, diantaranya situasi pasca konflik sosial dapat berpengaruh pada pembelajaran PKn di sekolah dan peran masyarakat orang tua atau kelauarga dan berbagai pihak yang berkompeten dalam meberikan pembinaan kepada siswa pasca konflik sosial Maluku. PKn dalam membentuk sikap siswa secara inovatif dalam tujuan dengan formatnya, sehingga para guru merasa keleluasan untuk menentukan pilihan metode pembelajaran PKn benar-benar membina dan membentuk watak sikap karakter siswa yang demokrastis dan bersikap menghargai orang lain dan sadar akan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
Â
Kata Kunci: Konflik Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimin. (1998). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Brangson, M.S. (1998). The role of Civic Education: a Forthcoming Education Policy Task Force Position Paper from the Communitarian Network. Http://www.civiced.org.
Coser A Lewis. (1956). The Fungtions of Sosial Conflict, New York, USA, The Free Press,
Feith, Hebert, (1962). The Decline Of ontitutional Democracy In Indonesia Ithaca. New York: Cornell University Press.
Guba, G, E dan Lingcoln, S. (1985). Naturalistic Inquiry. London: Sega Publications. Bavery.
Hudson, Michael C, & Charles Lewis Taylor, (1972). World Handbook of Political & Social indocators, New Haven and London, Yale University press.
Miles dan Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. UPI- Press : Jakarta.
Nasution S. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif : Cetakan Ketiga. Bandung : Tarsito.
Lincoln, Y.S. & Guba, E.G. (1985). Naturalistic Inquiry. Baverly Hills: Sage Publication.
Sugiono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Wahab, A. Azis. (1996). Politik Pendidikan dan Pendidikan Politik : Model Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Menuju Warganegara Global. Pidato Pengukuhan Guru Besar Pada IKIP Bandung.
Walter Isaard (1992). Understanding Codflict and the Science of Peace Cambridge, MA: Blackwell.
Winataputra Udin dan Budimansyah Dasim (2007). Civic Education, Konteks dan Landasan Bahan Ajar dan Kultur kelas, Bandung Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia
Winataputra, Udin S. (1999). Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Pendidikan Demokrasi di Indonesia. Paper disampaikan pada Workshop on the Development of Concepts and Content of Civic Education for Indonesian Schools.16-19 Oktober 1999di Bandung
Winataputra, Udin, S. (2001). Reorientasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Erah Global. (makalah) Disampailkan Dalam Seminar Nasional dan Kongres Forum Komunikasi Pimpinan FPIPS.
Maftuh Bunyamin (2005). Implementasi Model Pembelajaran Resolusi Konflik Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Atas. Bandung : Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Sapriya H. (2007). Pemikiran Pakar Tentang Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Bandung Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Sumber Lain :
Mhtml: file:/F/Gerakan%20Indonesia%bersatu20’’’.mht
http://koleksi-skripsi. Blogspot.com/2008/07teori-pembentukan-karakter. Hmtl
http://id.wikipedia.org/wiki/konflik
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1167
Article Metrics
Abstract view : 387 timesPDF - 399 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.