IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA SILA PERTAMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DI DESA TANJUNG PUTAR KECAMATAN KAYAN HILIR KABUPATEN SINTANG
Abstract
Masyarakat di Desa Tanjung Putar dikalangan birokrat, kaum pendidik, para orang tua mulai resah dengan adanya krisis keteladanan, seperti menurutnya sikap toleransi, menurunya silahturahmi dan rasa malas dalam menjalankan ibadah serta mulai adanya para kaum muda yang mengkonsumsi miras. Bagaimanakah pemahaman sila pertama dalam kehidupan masyarakat di Desa Tanjung Putar Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang? Bagaimanakah sikap toleransi antar umat beragama dalam kehidupan Masyarakat di Desa Tanjung Putar Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang? Bagaimanakah penerapan nilai-nilai Pancasila pada sila pertama dalam kehidupan Masyarakat di Desa Tanjung Putar Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang? Untuk mengetahui pemahaman sila pertama dalam kehidupan masyarakat di Desa Tanjung Putar Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang. Untuk mengetahui sikap toleransi antar umat beragama dalam kehidupan Masyarakat di Desa Tanjung Putar Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang. Untuk mengetahui penerapan nilai-nilai Pancasila pada sila pertama dalam kehidupan Masyarakat di Desa Tanjung Putar Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang. Pendekatan penelitian kualitatif, metode penelitian adalah metode kualitatif, bentuk penelitian adalah kualitatif deskriptif. Masyarakat di Desa Tanjung Putar memahami makna dari Nilai yang terkandung dalam Sila Pertama, sikap toleransi dalam masyarakat tergolong sangat tinggi, sebagian masyarakat mengimplementasikan Nilai Sila Pertama. Secara keseluruhan masyarakat memahami arti Nilai Sila Pertama Pancasila, sikap toleransi dalam masyarakat tergolong sangat tinggi, sekitar 90% masyarakat sudah menerapkan Sila Pertama dikehidupan sosial. Bagi generasi muda berhati-hatilah dalam bergaul, rajinlah beribadah serta ikuti teladan yang baik dari orang tua. Bagi masyarakat tingkatkan rasa persatuan, sikap toleransi serta rajinlah dalam beribadah. Bagi peneliti selanjutnya perlu diadakan penelitian selanjutnya untuk mengetahui tingkat Implementasi Sila Pertama Pancasila.
Kata Kunci: Implementasi Pancasila, Sila Pertama
Full Text:
PDFReferences
Andih. D. C. 2018. Peran Media Sosial (Facebook, Instagram, Youtube) Dalam Menarik Wisatawan Mengunjungi Objek Wisata Tetempangan Hill Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara. Volume 13, Nomor 1.
Arikunto. S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Bakar. A. 2015. Konsep Toleransi Dan Kebebasan Beragama. Toleransi: Media Komunikasi Umat Bergama. Volume 7, Nomor 2.
Darmadi. H. 2014. Urgensi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta. Bandung: PT Refika Aditama.
Erwin. M. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Republik Indonesia. Bandung: PT Refika Aditama.
Faisal, E. E., Febriansyah. D., dan Alfiandra. 2018. Analisis Nilai-Nilai Pancasila Yang Terkandung Di Dalam Seni Tutur Tadut (Studi Kasus Tadut Di Kota Pagaralam. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, Volume 5, Nomor 2.
Khofiyati. 2012. “Pembelajaran Nilai-Nilai Pancasila Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Smp Sekecamatan Moyudan Kabupaten Slemanâ€. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Kamaruddin. 2013. Dimensi Sila “Ketuhanan Yang Maha Esa†Dalam Perspektif Ham Islam. Jurnal Agama Dan Hak Azazi Manusia: Vol. 3, No. 1.
Kaelan, 2016. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi Berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 43/Dikti/Kep/2006 Sesuai Dengan KKNI Bdg PT 2013. Yogyakarta: Paradigma.
______, 2016. Filsafat Pancasila Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Yogyakarta: Paradigma.
______. 2014. Pendidikan Pancasila Pendidikan Untuk Mewujudkan Nilai-Nilai Pancasila, Rasa Kebangsaan Dan Cinta Tanah Air Sesuai Dengan SK.Dirjen Dikti No.43 /DIKT/KEP/2006. Yogyakarta: paradigma.
Kansil. C. K. (2011). Empat Pilar Berbangsa Dan Bernegara. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Mardawani, (2020).Praktis Penelitian Kuantitatif, Teori Dasar dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta : CV Budi Utama.
Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Nomor I/MPR/2003TentangPeninjauan Terhadap Materi dan Status Hukum Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara dan Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Tahun 1960 Sampai Dengan Tahun 2002.
Mulyadi. M. 2011. Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media: Volume 15, Nomor 1.
Mulyanan. D. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong. L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hartati. N. 2017. Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: CV Pustaka Seria.
Octavian. W. A. 2018. Urgensi Memahami Dan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari Sebagai Sebuah Bangsa.Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, Volume 5, Nomor 2.
Puji. A. 2017.Menjaga Eksistensi Pancasila Dan Penerapannya Bagi Masyarakat Di Era Globalisasi.Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, Volume 1, Nomor 2.
Rube’i. M. A & tami. D. 2018. Penanaman Sila Ketuhanan Yang Maha Esa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA Negeri 1 Toho Kabupaten Mempawah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 2, Nomor 1.
Rijali. A. 2018. Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah: Nomor. 33, Volume. 17. http://jurnal.uin antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/viewFile/2374/1691.
Suparno. 2016. Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Pergeseran Nilai dan Moral Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Sintang. Jurnal PEKAN Vol 1 No 2.
Suparno & Budimansyah. D. 2016. Peran Nilai-Nilai Religius Kerajaan Sintang Dalam Membina Karakter Generasi Muda. Jurnal PEKAN Vol 1 No 1.
Suparno. Andriani.V S dan Suseka. S. 2021. Implementasi Budaya Handop Dalam Mempererat Tali Silahturahmi Dalam Komunitas Sosial Masyarakat Desa Panekasan Keamatan Serawai. Jurnal PEKAN Vol 6 No 1.
Sugiyono, (2013), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung, Alfabeta cv.
_______. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_______. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2017. Motodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Saragih. E. S. 2017. Analisis dan Makna Teologi Ketuhanan Yang Maha Esa Dalam Konteks Pluralisme Agama di Indonesia. Jurnal Teologi: Volume 2, Nomor 1.
Suryabrata. S. 2015. Metodologi penelitian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Surakhmad. 2004. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, dan Teknik. Bandung: Tarsito.
Syarbaini. S. Rusdiyanta. Fatkhuri. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Implementasi Karakter Bangsa. Jakarta: Hartomo Media Pustaka.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v6i2.1462
Article Metrics
Abstract view : 2647 timesPDF - 10913 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.