EFEKTIVITAS SEKOLAH RUJUKAN TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG
Abstract
Sekolah rujukan didefinisikan sebagai sekolah acuan bagi sekolah lain di sekitarnya dalam penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri, memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP), memiliki atau mencapai indikator-indikator pendidikan yang lebih dari SNP, dan memiliki prestasi atau keunggulan baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan efektivitas sekolah rujukan terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang. Analisis data menggunakan teknik analisis presentase dan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan sekolah rujukan terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMA Negeri 9 Bandar Lampung sudahefektif. Hal ini menunjukan bahwa SMA Negeri 9 Bandar Lampung telah melaksanakan dan meningkatkan mutu pendidikan dalam upaya membantu pemerintah melaksanakan program sekolah rujukan.
Â
Kata kunci: Efektivitas, Sekolah rujukan, Peningkatan mutu
Full Text:
PDFReferences
Abidin, R. F., Pitoewas, B., & Adha, M. M. (2015). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi, 3(1).
Adha, M. M.,Ulpa, E. P.,Budimansyah, D., & Johnstone, J. M. G. (2019). Volunteer Beneran Indonesia: Keterlibatan dan Komitmen Warga Negara Muda di dalam Komunitas Berlatar belakang Multikultur. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(1), 140-149.
Adha, M. M., Ulpa, E. P., Johnstone, J. M., & Cook, B. L. (2019).Moral Education in Volunteering Activities of Young Citizens. Journal of Moral and Civic Education, 3(1), 28-37.
Adha, M. M. (2010). Model Project Citizen untuk Meningkatkan Kecakapan Warga Negara pada Konsep Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat. Jurnal Kultur Demokrasi, 1(8), 44-52.
Agung, K. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.
Danim, S &Suparno. (2009). Manajemen & Kepemimpinan Transformasional Ke kepala sekolahan Visi dan Strategi, Situasi Krisis, dan Internasionalisasi Pendidikan. Jakarta: RienekaCipta.
Ewit, I., Amat, M., & Tri, A. (2017). Pengembangan SMK rujukan Berdasarkan Peta Jalan Sarana dan Keterserapan Lulusan di Malang Raya. Jurnal Inovasi, Vokasional dan Teknologi, 17(2), 11-20.
Hari, S. (2005). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Mutu Sekolah. Bandung: Cipta Grafika.
Hikmat. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Irniyah, Ewitdkk. (2017). Pengembangan SMK Rujukan Berdasarkan Peta Jalan Sarana Prasarana dan Keterserapan Lulusan di Malang Raya. Jurnal Inovasi, Vokasional dan Teknologi. Volume 17. Nomor 2.
Kemendikbud Dirjen dikdasmen. (2018). Pedoman Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Rujukan. Jakarta: Kemendikbud Dirjen dikdasmen.
Kemendikbud Dirjen dikdasmen. (2016). Petunjuk Teknis Pengembangan dan Pembinaan Sekolah Rujukan. Jakarta: Kemendikbud Dirjen dikdasmen.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan KebudayaanNomor 32 Tahun 2013 Tentang Penetapan Delapan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.
Molaga. (2015). Persepsi Mahasiswa Terhadap Efektifitas Pembelajaran Melalui Grup Di Facebook. JISIP. Unitri, 4(1).
Putri, D. S., Adha, M. M., &Pitoewas, B. (2020). The Problems of Implementing Blended Learning Class in Civic Education Students, University of Lampung. Universal Journal of Educational Research, 8(3D), 106-114.
Rafzan., Budimansyah, D.,Fitriasari, S., & Adha, M. M. (2019). The Implementation of Higher Order Thinking Using Project Citizen in Escalating Students' Hard and Soft Skills. Proceeding International Conference on Advances in Education, Humanities, and Language (ICEL), 563-569.
Taufiqur, R.(2012). Paradoks Manajemen Mutu: Standarisasi Pendidikan di Indonesia. Jurnal Lisan, 6(2).
Ravianto J. (2014). Pengukuran dan Produktivitas. Jakarta: Binaman Aksara.
Santoso, R & Adha, M. M. (2019). Inovasi Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sosial dan Budaya. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2019, 568-575.
Steers, M.R. (1995). Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, S&Jabar, C. S. A.(2004). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syafarudin. (2002). Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v6i2.1464
Article Metrics
Abstract view : 237 timesPDF - 174 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.