ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VII C DI SMP NEGERI 2 TEMPUNAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Suparno Suparno, Agnesia Hartini, Ardianti Susila

Abstract


SMP Negeri 2 Tempunak pada masa pandemi covid-19 tidak melaksanakan proses belajar mengajar secara tatap muka setiap harinya tetapi hanya melalui penugasan seperti pemberian soal yang setiap 2 minggu siswa harus mengambil dan menyerahkan tugasnya ke sekolah, dengan demikian tentunya proses pembelajaran tidak berjalan secara efektif. Hal tersebut akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VII C di SMP Negeri 2 Tempunak tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VII C di SMP Negeri 2 Tempunak terdiri dari faktor internal dan eksternal. Prestasi belajar siswa juga mengalami penurunan pada masa pandemi covid-19 karena proses belajar mengajar tidak berjalan secara efektif. Guru berperan penting dalam mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Peran guru yaitu memberikan motivasi kepada siswa agar lebih giat untuk belajar, guru  memberikan teguran dan bimbingan kepada siswa yang prestasi belajarnya mengalami penurunan, guru memberikan buku paket kepada siswa dan siswa diberikan keringanan waktu oleh guru jika telat mengumpulkan tugas.

 

kata Kunci : Faktor-faktor prestasi belajar, pandemi covid-19, mata pelajaran pendidikan

                     Kewarganegaraan.

 


Full Text:

PDF

References


Darmadi, H.2017. Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta : CV Budi Utama.

Djamarah, S. B. 2018. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional.

Hartini.A dan Tresnaningsih.A. 2020. “Analisis Motivasi belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan”. Jurnal Pekan. Volume 5 No.1 Hal 70-80. (https://jurnal.stkippersada.ac.id diakses pada 15 September 2021).

Maemunawai, S. dan Alif, M. 2020. Peran guru, orang tua, metode dan media pembelajaran : strategi KBM di masa pandemi covid-19. Banten : Media Karya.

Nugraha.A.K. 2019. “Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar IPS Materi sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup dengan Media Flash Card Macthing Game pada Peserta didik Kelas VII F SMP Negeri 1 Pejagoan Semster 2 Tahun Pelajaran 2018/2019”. Jurnal Pendidikan Konvergensi. Volume VI Edisi 29. Hal 7-21. (https://books.google.co.id, diakses pada 29 Januari 2021).

Rosyid, M. Z.dkk. 2019. Prestasi Belajar. Malang : Literasi Nusantara.

Slameto. 2015. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

.2019. Metode penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung : Alfabeta.

Suparno. 2018. “Analisis Pemberian Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan Terhadap Prestasi Belajar Anak di Kecamatan Sepauk”. Jurnal Pekan. Volume 2 No.2 Hal 177-185. (http://jurnal.stkippersada.ac.id diakses pada 15 September 2021).

,dkk. 2018. “Mempertahankan Eksistensi Budaya Lokal Nusantara Ditengah Arus Globalisasi Melalui Pelestarian Tradisi Gawai Dayak Sintang”. Jurnal Pekan. Volume 3 No. 1 Hal 43-56. (http://jurnal.stkippersada.ac.id diakses pada 15 September 2021).

,dkk. 2018. “Implementasi Hak Warga Negara melalui penanggulangan kemiskinan Berperspektif Gender Program Keluarga Harapan Terhadap Motivasi Belajar Anak Keluarga Penerima Manfaat di Kabupaten Sintang”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Volume 3 No. 2 Hal 196-206. (http://journal2.um.ac.id diakses pada 16 September 2021).

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Winarno. 2020. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegeraan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v7i1.1632

Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.