KORELASI PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN OLEH GURU DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI 3 TUGUK
Abstract
Penelitian ini berjudul Korelasi Persepsi Siswa Terhadap Proses Pembelajaran oleh Guru dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa di Sekolah Menegah Pertama Negeri 3 Tuguk. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Seberapa besar korelasi Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran oleh Guru dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa di Sekolah Menegah Pertama Negeri 3 Tuguk. Tujuan penelitian untuk mengetahui korelasi Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran oleh Guru dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan bentuk penelitian studi korelasi (correlationstudies). Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Persepsi siswa terhadap proses pembelajaran oleh guru pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menegah Pertama Negeri 3 Tuguk termasuk dalam kategori sangat tinggi.(2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menegah Pertama Negeri 3 Tuguk termasuk dalam kategori sangat tinggi. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap pembelajaran oleh guru dengan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menegah Pertama Negeri 3 Tuguk. Dengan nilai r hitung 0,316, sedangkan r tabel 0,444 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan uji t diperoleh t hitung 2,984 sedangkan t tabel 2,101 dengan derajat kebebasan 5% dan taraf kepercayaan 95%. Dk = n – 2 = 20 – 2 = 18. Jadi thitung> ttabel atau 2,984 > 2,101. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci: Proses Pembelajaran, Hasil Belajar
References
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Catharina, 2006.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Online), (http:/www .Catharina.co.id.Diakses, 12 Maret 2015.
Darsono.2010. Motivasi.(Online), (http:/www.darsono.co.id. Diakses, 10 Juli 2013.
Dewi, V.A. 2012. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi belajar Akutansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntasi SMK N 1 Bawang Banjarnegara. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Ekonomu UNY
Harmaini. 2012. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Profesionalitas Guru Mengajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa pada SMK Se-Kota Bankinang. Jurnal Bahasa, VII(2): 97-105.
Lestari, D.H. 2015. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Guru Dan Kelengkapan Fasilitas Belajar Dengan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa MTs N 1 Banjarnegara. Skripsitidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial UNY.
Subana, dkk. 2009. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sudjana, Nana. (2009). Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2009. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
------------. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta.
Sardiman, AM. 2007. Interaksi dan Motivasi Brelajar Mengajar.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suryabrata, Sumadi, 2010. Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Thoha. 2004. Persepsi Siswa Dalam Pembelajaran.Bandung: CV Pustaka Setia.
Usman, Moh. Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. (Cet. XXIV). Ed. II. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v1i1.165
Article Metrics
Abstract view : 149 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.