HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KETERAMPILAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SEKADAU HULU TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Sapto Purnomo, Ali Simbang

Abstract


Judul penelitian ini adalah hubungan Kecerdasan Emosional dengan Keterampilan Mengemukakan Pendapat  Siswa kelas VIII Sekolah Menengah  Pertama Negeri 3 Sekadau Hulu tahun pelajaran 2014/2015. Masalah umum dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hubungan Kecerdasan Emosional dengan Keterampilan Mengemukakan Pendapat  Siswa kelas VIII Sekolah Menengah  Pertama Negeri 3 Sekadau Hulu tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah  bertujuan untuk mengetahui hubungan Kecerdasan Emosional dengan Keterampilan Mengemukakan Pendapat  Siswa kelas VIII Sekolah Menengah  Pertama Negeri 3 Sekadau Hulu tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk penelitian korelasi. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini digunakan angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut kecerdasan emosional dengan keterampilan mengemukakan pendapat  Siswa kelas VIII Sekolah Menengah  Pertama Negeri 3 Sekadau Hulu tahun pelajaran 2014/2015 pada mata pelajaran PKn baik, terdapat hubungan yang sedang antara kecerdasan emosional dengan keterampilan mengemukakan pendapat  Siswa kelas VIII Sekolah Menengah  Pertama Negeri 3 Sekadau Hulu tahun pelajaran 2014/2015, dan hubungan kecerdasan emosional dengan keterampilan mengemukakan pendapat  Siswa kelas VIII Sekolah Menengah  Pertama Negeri 3 Sekadau Hulu tahun pelajaran 2014/2015 ( ) adalah 0,391., dalam kategori rendah.

Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Keterampilan Mengemukakan Pendapat.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Daryono, M., dkk. 1997.Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Renika Cipta: Jakarta

Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Muhidin, Sambas Ali dkk. 2011. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia

Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian, untuk Guru-Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran (sebagai referensi bagi pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas). Surabaya: Kencana

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Wiramihardja. 2007.Mengemukakan Pendapat di Depan Umum. (www. gurumenulis12, diakses tanggal 6Juni2014).




DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v1i1.168

Article Metrics

Abstract view : 225 times
PDF - 854 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.