HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KETERAMPILAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 SEKADAU HULU TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Judul penelitian ini adalah hubungan Kecerdasan Emosional dengan Keterampilan Mengemukakan Pendapat Siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sekadau Hulu tahun pelajaran 2014/2015. Masalah umum dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hubungan Kecerdasan Emosional dengan Keterampilan Mengemukakan Pendapat Siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sekadau Hulu tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui hubungan Kecerdasan Emosional dengan Keterampilan Mengemukakan Pendapat Siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sekadau Hulu tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk penelitian korelasi. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini digunakan angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut kecerdasan emosional dengan keterampilan mengemukakan pendapat Siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sekadau Hulu tahun pelajaran 2014/2015 pada mata pelajaran PKn baik, terdapat hubungan yang sedang antara kecerdasan emosional dengan keterampilan mengemukakan pendapat Siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sekadau Hulu tahun pelajaran 2014/2015, dan hubungan kecerdasan emosional dengan keterampilan mengemukakan pendapat Siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sekadau Hulu tahun pelajaran 2014/2015 ( ) adalah 0,391., dalam kategori rendah.
Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Keterampilan Mengemukakan Pendapat.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Daryono, M., dkk. 1997.Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Renika Cipta: Jakarta
Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Muhidin, Sambas Ali dkk. 2011. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia
Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian, untuk Guru-Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran (sebagai referensi bagi pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas). Surabaya: Kencana
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Wiramihardja. 2007.Mengemukakan Pendapat di Depan Umum. (www. gurumenulis12, diakses tanggal 6Juni2014).
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v1i1.168
Article Metrics
Abstract view : 225 timesPDF - 854 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.