ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PERGESERAN NILAI DAN NORMA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS XI IPS SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 SINTANG
Abstract
Penelitian ini berjudul analisis pemahaman siswa terhadap pergeseran nilai dan norma pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas XI IPS sekolah menengah atas negeri 4 sintang. Masalah umum dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pemahaman siswa terhadap pergeseran nilai dan norma pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas XI IPS sekolah menengah atas negeri 4 sintang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikn pemahaman siswa terhadap pergeseran nilai dan norma pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas XI IPS sekolah menengah atas negeri 4 sintang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam bentuk penelitian studi kasus. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pemahaman siswa terhadap pergeseran nilai dan norma pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Sintang belum memahami. (2) Faktor penyebab terjadinya pergeseran nilai dan norma pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Sintang adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal berupa kepribadian siswa yang masih labil dan faktor eksternal berupa arus informasi, baik dari televisi maupun internet.
Â
Kata Kunci: Pergeseran Nilai dan Norma.
Full Text:
PDFReferences
Bogdan,R.C. dan Biklen,S.K. (1982). Qualitative Research for Education Introduction in Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.Inc
Daryanto. (1997). Evaluasi Pendidikan. Solo: Penerbit Rineka Cipta.
Harlock, B. Elisabet. (2009). Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). (diterjemahkan oleh Istiwidiawati & Soejarwo). Jakarta: Erlangga.
Miki, Paulus. (2011). Analisis Proklivitas Siswa Dalam Memilih Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sintang. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.
Nasution, S. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsitod
Suwarno. (2011). Analisi pemahaman siswa terhadap isi dan makna dari pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 pada kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Sintang. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.
Usmadi. (2011). Orientasi Kesadaran Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Sintang.Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.
Yin Robert K. (2014). Studi kasus desain & metode, Jakarta: PT. Raja Grafind
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v1i2.188
Article Metrics
Abstract view : 254 timesPDF - 972 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.