UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA SDN 20 SP.2 MANIS RAYA TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DALAM KAWASAN NEGARA ASEAN MELALUI METODE KOOPERATIF STAD

Sapanyana Sapanyana

Abstract


Tujuan penelitian ini membahas tentang upaya meningkatkan hasil belajar pada SD Negeri 20 SP. 2 Manis Raya terhadap perubahan sosial budaya dalam kawasan Negara ASEAN melalui metode koperatif STAD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dengan subjek siswa kelas VI. Hasil belajar melalui penggunaan model pembelajaran diskusi partisipatif dalam pembelajaran PKn dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa Kelas VISDN 20 SP 2 SKPH Manis Raya. Sebelum  diadakan tindakan kelas, nilai rata-rata ulangan harian sebesar 56,55 kemudian meningkat menjadi 65 pada siklus 1, 75.35 siklus II.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Kooperatif STAD

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Askara.

Tim Mitra Guru. (2012). IPS aktif kelas V. Jakarta: Esis Tukiran

Iskandar (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Cipzyung: GP Press.

Kencana Wina Sanjaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana

Zainal Arifin. (2010). Evaluasi Pembelajaran : Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v1i2.190

Article Metrics

Abstract view : 152 times
PDF - 259 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.