UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA SDN 20 SP.2 MANIS RAYA TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DALAM KAWASAN NEGARA ASEAN MELALUI METODE KOOPERATIF STAD
Abstract
Tujuan penelitian ini membahas tentang upaya meningkatkan hasil belajar pada SD Negeri 20 SP. 2 Manis Raya terhadap perubahan sosial budaya dalam kawasan Negara ASEAN melalui metode koperatif STAD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dengan subjek siswa kelas VI. Hasil belajar melalui penggunaan model pembelajaran diskusi partisipatif dalam pembelajaran PKn dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa Kelas VISDN 20 SP 2 SKPH Manis Raya. Sebelum diadakan tindakan kelas, nilai rata-rata ulangan harian sebesar 56,55 kemudian meningkat menjadi 65 pada siklus 1, 75.35 siklus II.
Â
Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Kooperatif STAD
Â
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Askara.
Tim Mitra Guru. (2012). IPS aktif kelas V. Jakarta: Esis Tukiran
Iskandar (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Cipzyung: GP Press.
Kencana Wina Sanjaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana
Zainal Arifin. (2010). Evaluasi Pembelajaran : Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v1i2.190
Article Metrics
Abstract view : 152 timesPDF - 259 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.