UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA TERHADAP ORGANISASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM MATA PELAJARAN PPKn PADA SISWA KELAS V SDN 7 SINTANG DENGAN METODE SIMULASI

Sukanto Sukanto

Abstract


Setiap sekolah memiliki organisasi siswa di dalam lingkungannya. Fungsi dan tugas organisasi di lingkungan sekolah antara lain membantu kelancaran dan keberlangsungan sekolah dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Organisasi di lingkungan sekolah juga menjadi ajang menyalurkan bakat dan minat khusus yang dimiliki siswa. Oleh karena manfaat dan posisi pentingnya, organisasi tersebut semestinya dikenal dengan baik oleh siswa. Namun masih pula didapati siswa yang acuh dengan organisasi di sekolah. Hal ini tidak terlepas dari ketidaktahuan mereka tentang seluk beluk organisasi siswa tersebut. Oleh karenanya diperlukan pendekatan yang tepat agar siswa mengenal, terlibat, dan memanfaatkan organisasi di lingkungan sekolah. Dengan menggunakan metode simulasi, penelitian ini membuktikan bahwa pengetahuan dan minat siswa terhadap organisasi siswa di lingkungan sekolah meningkat. Kesimpulan tersebut didapat setelah peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dalam dua siklus berturut-turut.

 

Kata Kunci: Organisasi, Lingkungan Sekolah, Metode Simulasi


Full Text:

PDF

References


Hisyam Zaini dkk, (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Komaruddin Hidayat, (2004). Cooperative learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Bandung: Nusamedia

Moh Uzer Usman dan Lilis Setiawati (2002). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad Asrori, (2008). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Mulyasa. (2009) Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sardiman, 2004). Interaksi Dan MotVasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sa’dullah, (2008). Cara Praktis Mengahafal Melakukan mekanik dasar. Jakarta: Gema Insani.

Slameto, (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono, (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto dkk, (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi.

Sumadi Surya Brata (2005). Psikogi Pendidikan. Jakarta: CV.Rajawali.

Wina Sanjaya, (2006). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada.

W.Gulo, (2007). Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia

Yudhi Munadi dan Farida, (2009), Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Jakarta: UIN.

Zainal Arifin, (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penulisan Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

Dahar, R. W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Balai Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Djamarah. Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

KBBI. 1996. Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Dearcin UnVersity Press.

Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nur, Moh. 2001. PemotVasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. UnVersity Press. UnVersitas Negeri Surabaya.

Purwanto, N. 1988. Prinsip-Prinsip dan Teknis Evaluasi Pengajaran. Bandung. Remaja Rosdakarya. Rineksa Cipta.

Sardiman, A. M. 1996. Interaksi dan MotVasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sudjana, N dan Ibrahim. 1989. Penulisan dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sudjana. 1996. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.

Surakhmad, Winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v1i2.191

Article Metrics

Abstract view : 194 times
PDF - 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.