PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAANPOKOK BAHASAN PANCASILA SEBAGAIDASAR NEGARADI KELAS VIII SMP NEGERI 7 BELITANG HULU TAHUN PELAJARAN 2016/20
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan hasil belajarsiswa kelas VIII  SMPN 07 Belitang Hulu tahun pelajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah  Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 07 Belitang Hulu tahun pelajaran 2016/2017yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang mempunyai empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kriteria keberhasilan tindakan untuk hasil belajar adalah dengan batas tuntas 71 (KKM=71) dan ketuntasan kelas sebesar 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terjadi peningkatan prestasi belajar PKn pada  kondisi awal (tes kemampuan awal), siklusI, dan siklus II. Pada nilai tes kemampuan awal rata- rata kelas hanya 53,5 dengan ketuntasan kelas sebesar 13,6% dan siswa yang memperoleh nilai ≥71 berjumlah 3 siswa. Pada siklus I mengalami peningkatan yaitu rata-rata kelas menjadi 69,7 dan ketuntasan kelas meningkat menjadi 68,2% (mengalami peningkatan sebesar 54,6%) dan siswa yang memperoleh nilai ≥71 berjumlah 15 orang. Selanjutnya pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu rata-rata kelas menjadi 76,5 dan ketuntasan  kelas menjadi 86,4% (mengalami peningkatan sebesar 18,2%) dan siswa yang memperoleh nilai ≥71 berjumlah 19 siswa.
Â
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, dan Metode VCT
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Buana Aksara.
Sanjaya. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Buana Aksara.
Soendari, Tjutju. (2013). “Metode Penelitian Deskriptifâ€. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195602141980032TJUTJU_SOENDARI/Power_Point_Perkuliahan/Metode_PPKKh/Penelitian__Deskriptif.ppt_%5BCompatibility_Mode%5D.pdf, 10 Februari 2016.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Taniredja, Tukiran. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Alfabeta CV.
. (2013). Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung : Alfabeta CV.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v2i1.192
Article Metrics
Abstract view : 115 timesPDF - 239 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.