UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SILABUS DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BERKELANJUTAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara ilmiah apakah supervisi akademik berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Silabus dan  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam melakukan supervisi akademik agar mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpul data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah teknik non tes berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian antara lain: (1) Supervisi akademik secara berkelanjutan terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Silabus dan RPP di SMA Negeri 1 Kelam Permai. Meningkatnya kompetensi guru dalam menyusun Silabus yang baik dari 31% menjadi 83% setelah supervisi akademik. Selain itu jumlah RPP yang berkualitas baik juga meningkat dari 31% menjadi  89%. (2) Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran guru mata pelajaran Matematika sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam Permendikbud  Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi. Kompetensi guru mata pelajaran Matematika dalam menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sudah meningkat sejak dilaksanakannya supervisi akademik secara berkelanjutan.
Â
Kata Kunci : Kompetensi Guru ,Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Supervisi Akademik
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Anwar, Moch. Idochi. 2004. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Depdiknas. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas. Depdiknas. 2014. Supervisi Akademik; Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala
Sekolah; Jakarta: Depdiknas.
Harahap, Baharuddin. 1983. Supervisi Pendidikan yang Dilaksanakan oleh Guru, Kepala Sekolah, Penilik dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Damai Jaya
Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sahertian, Piet A. 2000. Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Sapari, Achmad. 2002. Pemahaman Guru Terhadap Inovasi Pendidikan. Artikel. Jakarta: Kompas (16 Agustus 2002).
Supandi. 1996. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Departemen Agama Universitas Terbuka.
Suprihatin, MD. 1989. Administrasi Pendidikan, Fungsi dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah sebagai Administrator dan Supervisor Sekolah. Semarang: IKIP Semarang Press.
Suryasubrata. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Surya, Muhammad. 2003. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Winaya
Usman, Moh. Uzer. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wahidin; 13 Faktor untuk menjadi Kepala Sekolah Yang Efektif, 2008
Wardani, IGK. 1996. Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG). Jakarta: Dirje
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v4i1.375
Article Metrics
Abstract view : 801 timesPDF - 1100 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.