PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN DI KELAS X SMA NEGERI 1 KETUNGAU HILIR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi quizizz terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn di kelas X SMA Negeri 1 Ketungau Hilir. Proses pembelajaran sebelumnya hanya menggunakan media konvensional (papan tulis), yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Exsperimental Design dan bentuk penelitiannya nonequivalent control group design. Berdasarkan hasil tes di kelas eksperimen dan kontrol pada pengukuran akhir (possttest) menggunakan SPSS 26 menunjukan terdapat perbedaan sebesar 5,42 %. Selain itu, Respon siswa secara keseluruhan terhadap media pembelajaran berbasis aplikasi quizizz mencapai 2886 dan memiliki rata-rata angket sebesar 80,167% dengan kategori baik. Kesimpulannya media berbasis aplikasi quizizz dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Media, Aplikasi Quizizz, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Implementasi Pendidikan Moral Melalui Imtaq Oleh Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SMA Negeri 1 Dedai. Jurnal Pekan: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Volume 8. Nomor 1. Halaman 50-65.
Jaya, I.M.L.M. (2020) Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: ANAK HEBAT INDONESIA.
Lestari, A. (2021) “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Konsep Terhadap Motivasi Belajar Pada Pembelajaran PKN Siswa Kelas VII di SMP Negeri 6 Satu Atap Sepauk Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa.
Marius, A., Wedyawati, N., & Rismawati, M. 2020. “Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Dengan Pembelajaran Berbantuan Power Point”. JUTECH: Journal Education and Technology, 1(1).
Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pembentukan Siswa Berkarakter Kebangsaan Di SMP Negeri 2 Binjai Hulu Tahun Ajaran2019/2020. Jurnal Pekan: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Volume 5. Nomor 1. Halaman 55-69.
Priadana, S. and Sunarsi, D. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Tanggerang: Pascal Books.
Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suparno, Pertiwi, S, & Mustafa, A. 2024. Strategi Efektif Membangun Rasa Tanggung Jawab Masyarakat Dalam Penanggulangan Sampah Di Kota Sintang Melalui Aksi Kerja Nyata Mahasiswa. Jurnal Pekan: Jurnal Kewarganegaraan. Volume 9. Nomor 1. Halaman 53-59.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v9i2.4150
Article Metrics
Abstract view : 49 timesPDF - 37 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.