PERAN PENDIDIKAN PANCASIL DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 SINTANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran PPKn dalam Membentuk Nilai Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Sintang. Metode penelitian adalah kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan tenik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam Membentuk Nilai Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa tidak dilakukan saat proses pembelajaran akan tetapi dilakukan diluar jam pelajaran. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai karakter tanggung jawab adalah keinginan untuk mewujudkan visi misi sekolah, mewujudkan program 7 K, adanya kebijakan dari kepala sekolah. Masih kurangya efektivitas guru dalam proses pembelajaran, kurangnya kesadaran siswa terhadap nilai karakter tanggung jawab, 3) Upaya yang dilakukan untuk membentuk nilai karakter tanggung jawab yaitu memberikan pemahaman pentingnnya nilai karakter tanggung jawab. Dapat disimpulkan bahwa Peran PPKn dalam membentuk nilai karakter tanggung jawab terlaksana dengan baik yang ditunjukkan bahwa guru memberikan arahan pentingnya nilai karakter tanggung jawab.
Kata Kunci: Pembelajaran, PPKn, Karakter, Tanggung Jawab
Full Text:
PDFReferences
Andriami, B., Yuliatin, Y., Alqadri, B., & Herianto, E. . 2023.”Implementasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran PPKn di SMAN 1 Sakra”Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 8 No. 4 November 2023, hal. 2029-2035.
Apriandi, R., Sumardi, L., dan Nizan, A. 2023. Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Smpn 1 KedirI. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 8 No. 3 Desember 2023, hal. 1653 - 1680.
Anugrah, A., dan Rahmat, R. 2024. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) Vol. 4 No. 1 Juni 2024, hal. 22 - 34.
Badri, H. A. Hasanah A, dan Arifin, B. S. 2023. Landasan Teori Pendidikan Karakter”. Buana Ilmu. Vol. 8 No 1 November 2021, hal. 180 – 193.
Damayanti, D., dan Asbari, M. 2024. Guru penggerak: pengembangan pendidikan melalui kepemimpinan guru. Journal of Information Systems and Management (JISMA) Vol. 3 No 2 April 2024, hal. 5-10.
Isnaeni, Y., dan Ningsih, T. 2021. Pembentukan Karakter Peduli Sosial Melaui Pembelajaran IPS. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), Vol. 5 No. 3 Juli 2021, hal 662 – 672.
Lusiana & Mardawani. 2018. Peran Mahasiswa Dalam Upaya Membentuk Generasi Muda Berkarakter Melalui Pendekatan Humanis Berbasis Kearifan Lokal Suku Dayak di Desa Telaga II. Jurnal PEKAN Volume 3 Nomor 1.
Mardawani, dkk. 2024. Penguatan Kontrol Diri Siswa dari Kecanduan Gadget di SMP Nusantara Indah. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volum 3 Nomor 2.
Mardawani. (2020). PRAKTIS PENELITIAN KUALITATIF Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif, Yogyakarta: CV. Budi Utama Deepublish.
Miles, Mattew B dan Hubermen, Michael. 1992. Analisa Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode Baru, Terjemahan Tjetjep Rohendy (2007), Jakarta: UI Press.
Sarika, S., Haloho, B., dan Napitu, U. 2023. Upaya Guru Mata Pelajaran IPS Terpadu Dalam Menanamkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, Vol. 8 No. 2 Juni 2023, hal. 668 - 675.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v10i1.4711
Article Metrics
Abstract view : 264 timesPDF - 204 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.