PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN BULLYING TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN MATERI TOLERANSI SISWA KELAS IV SDN MARGAMULYA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share (TPS) berbantuan video pembelajaran bullying terhadap hasil belajar PPKn materi toleransi siswa kelas IV SDN Margamulya. Model pembelajaran think pair share (TPS) memberikan dampak positif dan mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran video juga sangat membantu guru untuk lebih memperjelas materi yang akan dipelajari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen bentuk One-Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Margamulya pada kelas IV dengan sampel 15 siswa. Analisis data yang yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara, sedangkan instrumen pengumpulan data yaitu menggunakan instrumen tes (pretest dan posttest). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis pembahasan, data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen dengan taraf signifikansi normalitas data 0.552 > 0.05, dan taraf signifikansi homogenitas data yaitu 0.000 > 0.05. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Paired sample t-test (uji-t). Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut diperoleh nilai signifikansi kecepatan berhitung 0.000 < 0.05. Maka dapat disimpulkan dalam penelitian ini menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya model pembelajaran think pair share (TPS) berbantuan video pembelajaran bullying berpengaruh terhadap hasil belajar PPKn materi toleransi siswa Kelas IV SDN Margamulya.
Kata kunci: Think Pair Share (TPS), Video Pembelajaran Bullying, Hasil Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Permenristekdikti No. 50 Tahun 2015, Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nuryadi, dkk. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Gramasurya.
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Satriah, Lilis. 2018. Panduan Bimbingan dan konseling Pendidikan. Bandung: Fokusmedia
Theodorapaya. 2021. Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share di Sekolah. Kalimantan Barat: Unggal Radi Media
Yulianto. 2017. Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan, Vol. 9 No. 2, 234-237
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v10i1.4712
Article Metrics
Abstract view : 166 timesPDF - 59 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.