PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU PPKN DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA SMP NEGERI 2 SATU ATAP SEBERUANG

Suparno Suparno, Fusnika Fusnika, Mardawani Mardawani, Angga Supriata

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi adanya perilaku kurang disiplin. Karakter disiplin adalah suatu hal yang mendorong untuk harus melakukan perbuatan yang sesuai dengan aturan-aturan yang telah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dan guru PPKn dalam membentuk karakter disiplin siswa SMP Negeri 2 Satu Atap Seberuang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah  kepala sekolah dan guru PPKn. Objek pada penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam membentuk karakter disiplin siswa SMP Negeri 2 Satu Atap Seberuang memiliki lima peran, yaitu kepala sekolah sebagai pemimpin, kepala sekolah sebagai manajer, kepala sekolah sebagai administrasi, kepala sekolah sebagai pendidik, dan kepala sekolah sebagai supervisior. Sedangkan peran guru PPKn dalam membentuk karakter disiplin siswa SMP Negeri 2 Satu Atap Seberuang memiliki tiga peran, yaitu guru PPKn sebagai pengajar dan pendidik, guru PPKn sebagai pembimbing, dan guru PPKn sebagai teladan. Adapun kerjasama kepala sekolah dan guru PPKn dalam membentuk karakter disiplin siswa SMP Negeri 2 Satu Atap Seberuang, yaitu kerjasama melalui kegiatan dan program penguatan pendidikan karakter (PPK) dan kerjasama membuat perangkat pembelajaran di sekolah. Secara keseluruhan peran kepala sekolah dan guru PPKn di SMP Negeri 2 Satu Atap Seberuang sudah di terapkan dengan baik sehingga dapat memberikan contoh teladan yang baik, menanamkan nilai-nilai kedisiplinan dan tanggungjawab. Dengan demikian maka  kedepannya diharapkan untuk kepala sekolah dan guru-guru terutama guru PPkn dapat menanamkan nilai-nilai pancasila dan tanggungjawab nya didalam menjalankan perannya sebagai kepala sekolah dan guru PPKn.

Kata Kunci: Kepala Sekolah, Guru PPKn, Karakter Disiplin


Full Text:

PDF

References


Andang. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Ar-ruzz Media. Hal.130.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Firmansyah. (2020). “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendididikan Agama Islam Di MAN 1 Pesisir Barat”. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Hamzah, B., Uno. dan Nina, Lamatenggo. (2016). Tugas guru dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Hal. 2-3.

Hariyanto. Jahiban, M. dan Heriyanto, E. (2019). Strategi Guru PPKn Dalam Penguatan Karakter Siswa SMPN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman. Volume 6 No. 1 Hal. 1-17.

Hikmawati, I. (2021). “Peran Guru PPKN dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila di MTS Muhammadiyah 1 Malang”. Doctoral dissertation. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Mardawani. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan analisis Data Dalam Prespektif. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Munawar. (2021). “Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Daring Peserta Didik SMAN 1 Kembang Tanjong Pidie”. Skripsi. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.

Rohman, F. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah / Madrasah. Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab. Volume 4 No. 1 Hal. 72–94.

Rusmawati, V. (2013). “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Guru pada SDN 018 Balikpapan”. Jurnal Administrasi Negara. Volume I No. 2 Hal. 395-409.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v10i1.4713

Article Metrics

Abstract view : 151 times
PDF - 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.