PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DIKELAS DI SDN 06 DEDAI KABUPATEN SINTANG

Buang Buang

Abstract


Abstrak

 

Peningkatan mutu pembelajaran disekolah sangat tergantung dari beberapa faktor. Faktor yang sangat penting antara lain adalah penerapan budaya sekolah kearah peningkatan mutu. Budaya sekolah merupakan hal yang positif yang harus dipertahankan dan dilaksanakan oleh semua warga sekolah tanpa merasa terpaksa. Budaya sekolah yang harus dipertahankan salah satunya adalah masalah kedisiplinan, termasuk disiplin para guru dalam kehadiran dikelas pada proses belajar mengajar. Untuk meningkatkan disiplin para guru dapat diupayakan melalui bermacam-macam cara. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini, dicobakan tindakan berupa penerapan Reward and Punishment untuk para guru di SDN 06 Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, karena dari hasil penelitian dan analisa data, ternyata pada siklus kedua, kedisiplinan guru dalam kehadiran dikelas pada proses belajar mengajar meningkat dan memenuhi indikator yang telah ditetapkan sebesar 75%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran dikelas pada kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan penerapan Reward and Punishment kepada guru.

 

Kata Kunci: Disiplin Guru, Reward and Punishment.

 


Full Text:

PDF

References


Prinsip dan Asas Pengembangan Budaya Sekolah. Jakarta: Gahli Indonesia.

Amstrong. Michael, (1991). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakrta:Ghalia Indonesia.

Anwar Prabu Mangkunegara. (1994). Psikologi Perusahaan. Bandung:PT. Trigenda Karya

__ (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran.Bandung:Alfabeta

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003.

Megawangi, Ratna. (2007). Membangun SDM Indonesia Melalui Pendidikan Holistik

Berbasis Karakter. Jakarta:Indonesian Heritage Foundation

Asmaroini, Ambiro Puji. 2017. Menjaga Eksistensi Pancasila dan Penerapannya Bagi Masyarakat Di Era Globalisasi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. 1 (2) : 53-59.

Subagio. (2010) Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: Apitul langga.

Syamsul Hadi, (2009). Kepemimpinan Pembelajaran, Makalah Disampaikan padaSosialisasi Akuntabilitas Kinerja Kepala Sekolah Dalam Inovasi Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Tenaga Kependidikan.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v5i1.711

Article Metrics

Abstract view : 340 times
PDF - 469 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.