UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI KEGIATAN PELATIHAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) PADA GURU SDN 17 NANGA JETAK KECAMATAN DEDAI KABUPATEN SINTANG
Abstract
Abstrak
Â
PTK dapat langsung dimanfaatkan untuk meningkatkan atau memperbaiki kualitas pembelajaran di dalam kelas guru yang bersangkutan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tersebut memiliki tujuan yaitu untuk memperbaiki atau meningkatkan praktik pembelajaran secara berkesinambungan yang pada dasarnya melekat penunaian misi profesional kependidikan yang diemban oleh guru.Tujuan dari penelitian ini meningkatkan kinerja guru melalui kegiatan pelatihan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas (PTK) pada guru SD Negeri 17 Nanga Jetak Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang. Metode penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS). Berdasarkan hasil tindakan pada siklus 1 yang menunjukan bahwa dari 10 Guru yang mengikuti pelatihan dalam PTS terdapat 6 guru atau 60% memiliki kinerja baik, selanjutnya terdapat 4 guru atau 40% memiliki kinerja yang cukup, sedangkan pada siklus II kinerja guru meningkat menjadi lebih baik dengan hasil menunjukan bahwa dari 10 Guru yang mengikuti pelatihan pembuatan media pembelajaran dalam PTS terdapat 7 guru atau 70% memiliki kinerja sangat baik, dan sebanyak 3 guru atau 30% guru memiliki kinerja yang baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan tindakan sekolah yang dilakukan dapat meningkatkan kinerja Guru Negeri 17 Nanga Jetak Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang.
Â
Kata Kunci: Kinerja Guru, Pelatihan, Penelitian Tindakan Kelas (PTKFull Text:
PDFReferences
Amriany A., F. Yusti, P. R. Gunadi. (2004). “Iklim organisasi yang kondusif meningkatkan kedisiplinan kerjaâ€. Anima. Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Vol. 19 No. 2. Hlm.179-193.
Anton Wardoyo. (2011). “Pengaruh Persepsi Guru tentang Sertifikasi Guru dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru di SMK 45 Wonosari Tahun Pelajaran 2009/2010â€. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: FT UNY.
Anoraga, Pandji. (1992). Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Ati Cahayani. (2003). Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Grasindo.
Canggih Ridha Pristian. (2011). “Pengaruh Motivasi dan Disiplin terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Jeparaâ€. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: FE UNNES.
Depdiknas. (2001). “Standar Kompetensi Dasar Guruâ€. Jakarta: Ditjen Dikti.
Dessler, Garry. (1997). Manajemen Personalia “Teknik dan Konsep Modernâ€. Jakarta: Erlangga.
Ditjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. (2008). Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Depdiknas.
Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia.
Hamalik, Oemar. (2003). Guru Dalam Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, Malayu SP. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia “Edisi Revisiâ€. Jakarta: Bumi Aksara.
___________________. (2007). Organisasi dan Motivasi “Dasar Peningkatan Produktifitasâ€. Jakarta: Bumi Aksara.
I Wayan Siwantara. (2009). “Pengaruh Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja serta Iklim Organisasi terhadap Disiplin Kerja dan Kinerja Dosen Politeknik Negeri Baliâ€. Jurnal Politeknik Negeri Bali, Ragam (Vol. 9 No. 2 Agustus 2009). Hlm. 224-226.
Mangkupawira, Sjafri. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Martinis Yamin. (2006). Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press.
Miftah Thoha. (1993). Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Pesada.
Muhammad Surya. (2004). Bunga Rampai Guru dan Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.
Mulyasa E. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
_________. (2007). Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
_________. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Pemerintah No. 74 tahun 2008 tentang Guru.
Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Prawirasentono, Suyadi. (1999). Manajemen Sumber Daya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE UGM.
Sinungan, Muchdarsyah. (1992). Produktivitas “Apa dan Bagaimanaâ€. Jakarta: Bumi Aksara.
Soedijarto, Imam. (1993). Teknik Memimpin Pegawai dan Pekerja. Jakarta: Jaya Sakti.
Hani Handoko. (1994). Manajemen “Edisi 2â€. Yogyakarta: BPFE.
_______________. (1994). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Triyanto. (2006). “Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi, dan Kesejahteraanâ€. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Undang Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang Undang No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v5i1.712
Article Metrics
Abstract view : 697 timesPDF - 668 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.