PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN KARTU BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PPKN SISWA KELAS II SDN SE-GUGUS 01 KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Wachid Pratomo, Nadziroh Nadziroh, Chairiyah Chairiyah

Abstract


Penelitian ini secara deskriptif bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran berupa “Papan Kartu Bergambar†pada pembelajaran tematik  muatan PPKN. Tujuan dari pembuatan media ini untuk membantu siswa dalam mengkongkritkan materi yang bersifat abstrak, serta dapat memotivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (research and development) dengan prosedur pengembangan menurut Borg dan Gall. Pengembangan ini dilakukan dengan prosedur yang terdiri dari 9 tahapan pengembangan yakni, penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk, uji coba lapangan operasional dan revisi produk akhir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II SDN Gayamharjo yang berjumlah 27 siswa, seluruh peserta didik kelas II SDN Dadapsari yang berjumlah 5 siswa, dan seluruh siswa kelas III SDN Dadapsari yang berjumlah 6 siswa. Sampel penelitian mencakup seluruh populasi. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dengan guru kelas II, dan angket untuk mengetahui keadaan saat proses pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Papan Kartu Bergambar sudah dapat dinyatakan layak digunakan. Hal ini berdasarkan pada persentase nilai yang diperoleh dari validator dan peserta didik. Persentase hasil validasi materi dari dosen menunjukkan angka 84% dengan kriteria layak digunakan. Persentase hasil validasi dari guru kelas II SDN Gayamharjo menunjukkan angka 92% dan validasi dari guru kelas II SDN Dadapsari menunjukkan angka 92% dengan kriteria yang sama yakni layak digunakan. Untuk persentase hasil validasi media dari dosen menunjukkan angka 91% dengan kriteria layak digunakan. Persentase hasil validasi media dari guru kelas II SDN Gayamharjo menunjukkan angka 95% dan dari guru kelas II SDN Dadapsari menunjukkan angka 94% dengan kriteria layak digunakan. Sementara itu, untuk hasil persentase pada saat uji coba lapangan awal menunjukkan angka 91% dengan kategori kriteria layak digunakan, pada saat uji coba lapangan utama memperoleh hasil persentase 93% dengan kriteria layak digunakan, dan pada saat uji coba lapangan opererasional menghasilkan nilai persentase 89% dengan kriteria layak digunakan.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Media Papan Kartu Bergambar, Tematik Muatan PPKn

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar.2014. Media Pembelajaran.Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto.2014.Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi (Kurikulum 2013).Yogyakarta: Gava Media.

Desmita.2009.Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Indriana, Dina.2011.Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: DIVA Press.

Ngalimun.2013.Strategi dan Pembelajaran Berbasis PAIKEM. Banjarmasin: Pustaka Benua.

Sanaky, Hujair AH.2009.Media Pembelajaran.Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Satriana, Ade.2013.â€Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 sampai 5 Melalui Media Flash card bagi Siswa Tunagrahita Sedang,†Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus (Vol. 1 Nomor 2).Hlm 13-26.

Sugiyono.2016.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

------------.2017.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susilana, R. dan Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung : CV. Wacana Prima.

Sutrisno.2016.â€Berbagai Pendekatan dalam Pendidikan Nilai dan Pendidikan Kewarganegaraan,†Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran (Vol.5).Hlm.29- 37.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v5i2.938

Article Metrics

Abstract view : 805 times
PDF - 565 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.