PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KRISTIANI KEPALA SEKOLAH, KUALITAS KEROHANIAN GURU, DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMK KRISTEN KAWANGKOAN

Pricylia Elviera Rondo, Valentino Reykliv Mokalu

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kristiani Kepala Sekolah, Kualitas Kerohanian Guru, dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Kinerja Guru di SMK Kristen Kawagkoan. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMK Kristen Kawagkoan yang berjumlah 130 guru. Sample dalam penelitian ini dipilih berdasarkan Rumus Slovin yang mengambil responden sebanyak 130 Data penelitian diperoleh dengan menyebar kuesioner berskala likert 5-4-3-2-1. Hasil dari penelitian menunjukkan Gaya Kepemimpinan Kristiani Kepala Sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru dengan skor Sig. 0.03<0.05, Kualitas Kerohanian Guru memiliki pengaruh terhadap kinerja guru dengan skor Sig. 0.00<0.05, Kompetensi Sosial Guru memiliki pengaruh terhadap Kinerja Guru dengan skor Sig. 0.03<0.05, serta Gaya Kepemimpinan Kristiani Kepala Sekolah, Kualitas Kerohanian Guru, Kompetensi Sosial Guru secara bersama-sama memiliki pengaruh juga terhadap kinerja guru dengan skor F-hitung> F-tabel (65.81>2.47). Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Agama Kristen harus menjadi teladan bagi siswa serta bersahabat dengan siswa sebagai bagian dari perwujudan pelayanan kepada Allah

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Kristiani, Kualitas Kerohanian Guru, Kompetensi Sosial Guru, Kinerja Guru

 

ABSTRACT

This study aims to determine the influence of the principal's Christian leadership style, teacher spiritual quality, and teacher social competence on teacher performance at Kawagkoan Christian Vocational School. This research design uses a quantitative approach and uses descriptive analysis methods. The population in this study were teachers of Kawagkoan Christian Vocational School, amounting to 130 teachers. The sample in this study was selected based on the Slovin formula which took as many as …… The research data was obtained by distributing a Likert scale questionnaire 5-4-3-2-1. The results of the study show that the Principal's Christian Leadership Style has a significant influence on teacher performance with a Sig score. 0.03<0.05, Teacher Spiritual Quality has an influence on teacher performance with a score of Sig. 0.00<0.05, Teacher Social Competence has an influence on Teacher Performance with a score of Sig. 0.03<0.05, as well as Principal Christian Leadership Style, Teacher Spiritual Quality, Teacher Social Competence together have an effect on teacher performance with a score of F-count> F-table (65.81>2.47). Principals and teachers of Christian religious education must be role models for students and make friends with students as part of the realization of service to God

Keywords: Christian Leadership Style, Teacher Spiritual Quality, Teacher Social Competence, Teacher Performance


Keywords


Gaya Kepemimpinan Kristiani, Kualitas Kerohanian Guru, Kompetensi Sosial Guru, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Afif, M. (2019). Penerapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Baca Kitab di Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in. KABILAH : Journal of Social Community. https://doi.org/10.35127/kbl.v4i2.3592

Ardiana, T. E. (2017). PENGARUH MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU AKUNTANSI SMK DI KOTA MADIUN. JURNAL AKUNTANSI DAN PAJAK. https://doi.org/10.29040/jap.v17i02.11

Cahyani, F. D. &, & Andriani, F. (2014). Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Pedagogik , Kompetensi Kepribadian , Dan Kompetensi Sosial Guru dengan Motivasi Berprestasi Siswa Akselerasi Di SMA Negeri I Gresik. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan.

Dahlan. (2016). PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI SOSIAL GURU DI SMA NEGERI 11 MAKASSAR. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v11i1.17

Dahlan, D., Iriawan, H., & Hamdan, H. (2017). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Sosial Guru Di SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik. https://doi.org/10.26858/jiap.v7i2.4929

Darmawan, I. P. A., & Diana, R. (2020). Keterampilan Kepala Sekolah Sebagai Manajer dalam Perspektif Kepemimpinan Alkitabiah. KINAA: Jurnal Kepemimpinan Kristen Dan Pemberdayaan Jemaat. https://doi.org/10.34307/kinaa.v1i1.5

Depdiknas. (2008). DEPDIKNAS. In Panduan Pengembangan Bahan Ajar.

Gunada, I. W., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.233

Hermanto, Y. P. (2021). Peningkatan Pertumbuhan Gereja Melalui Sikap Gembala Jemaat Berdasarkan 1 Petrus 5:2-3. Jurnal Teologi Berita Hidup. https://doi.org/10.38189/jtbh.v3i2.82

Immanuel, L. (2019). TATA IBADAH TERHADAP KUALITAS KEROHANIAN PARA ANGGOTA FULL GOSPEL BUSINESS MEN’S FELLOWSHIP INTERNATIONAL (LITURGY TO THE …. … : Journal of Theology and Christianity Studies.

Immanuel, Leo. (2019). LITURGY TO THE SPIRITUALITY QUALITY OF FULL

GOSPEL BUSINESS MEN’S FELLOWSHIP INTERNATIONAL MEMBERS. Journal of Theology and Christianity Studies, 1(1), 8–27.

Inayati, N. L. (2016). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 6 Kendal Tahun Ajaran 2013-2014. SUHUF.

Ipaq, E. W., & Wijaya, H. (2019). Kepemimpinan Para Rasul dan Relevansinya Bagi Pemimpin Gereja di Era Revolusi Industri 4.0. Integritas: Jurnal Teologi. https://doi.org/10.47628/ijt.v1i2.12

Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research. https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.21

Kia, A. D. (2017). KAJIAN TEOLOGIS-PEDAGOGIS KETELADANAN RASUL PAULUS DALAM PENGINJILAN DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIK KRISTEN MASA KINI. Jurnal Shanan. https://doi.org/10.33541/shanan.v1i2.1493

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi.

Kristen, U., Wacana, S., Tua, N., & Gaol, L. (2017). Magister Manajemen Pendidikan FKIP Teori dan Implementasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Ejournal.Uksw.Edu.

Lumban Gaol, N. T. (2017). Teori dan Implementasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p213-219

Lumban Gaol, N. T., & Nababan, A. (2019). Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p89-96

Maris, I. S., Komariah, A., & Bakar, A. (2016). KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, KINERJA GURU DAN MUTU SEKOLAH. Jurnal Administrasi Pendidikan. https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5645

Marrus, D. M., Supriyanto, A., & Timan, A. (2020). Model Kepemimpinan Spiritual Suster Kepala Sekolah dan Dampaknya Bagi Kinerja Guru Dalam Pendidikan Nilai Kristiani. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(11), 1640–1651.

Mataputun, Y. (2020). Analisis pemenuhan standar nasional pendidikan dan permasalahannya. Jurnal Konseling Dan Pendidikan. https://doi.org/10.29210/148800

Mau, M. (2020). Panggilan Timotius Menurut 2 Timotius 2:2 Dan Implikasinya Bagi Kompetensi Guru Agama Kristen. CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika. https://doi.org/10.46348/car.v1i2.20

Meliantina. (2019). Menerapkan Budaya Literasi Guru Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan di Era Industri 4.0. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Muspiroh, N. (2015). Peran kompetensi sosial guru dalam menciptakan efektifitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi.

Oldekop, J. A., Horner, R., Hulme, D., Adhikari, R., Agarwal, B., Alford, M., Bakewell, O., Banks, N., Barrientos, S., Bastia, T., Bebbington, A. J., Das, U., Dimova, R., Duncombe, R., Enns, C., Fielding, D., Foster, C., Foster, T., Frederiksen, T., … Zhang, Y. F. (2020). COVID-19 and the case for global development. World Development. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2020.105044

Olivia Cherly Wuwung, Jeremia Engelita

Wakas, J. M. (2020). Analisis Komunikasi Antarpribadi Melalui Gaya Kepemimpinan Melayani Kepala SMP Kristen Tomohon. Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi, 15(1), 95–109. https://doi.org/10.5281/zenodo.4748121

Perangin Angin, Y. H., Yeniretnowati, T. A., & Arifianto, Y. A. (2020). Implikasi Nilai Manusia dalam Praksis Kepemimpinan Menurut Kejadian 1:26-27. MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen. https://doi.org/10.52220/magnum.v2i1.72

Prananosa, A. G., Putra, M. R. E., Yuneti, A., & Aliyyah, R. R. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Keterampilan Berkomunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT). https://doi.org/10.31539/alignment.v1i2.405

Puluhulawa, C. W. (2013). Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Meningkatkan Kompetensi Sosial Guru. Makara Human Behavior Studies in Asia. https://doi.org/10.7454/mssh.v17i2.2957

Riniwati, R., Magdalena, M., & ... (2020). Implikasi Praktik Pendidikan Orang Yahudi Pasca Pembuangan Ke Babel Bagi Pendidikan Kristen Masa Kini. The Messengers: Jurnal ….

Rohani, I., Fitria, H., & Rohana, R. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Guru terhadap Kinerja Guru SDN di Kecamatan Sembawa. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Rolina A.E. Kaunang. (2016). Urgensi Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Menciptakan Proses Pembelajaran. Tumou Tou.

Setianigsih, W., & Kader, M. A. (2018). Pengaruh disiplin kerja, kompetensi, dan kompensasi terhadap kinerja guru. Jurnal Ilmu Manjemen.

Sianipar, D. (2018). Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Era Industri 4.0. Universitas Kristen Indonesia.

Sianipar, D., & Kia, A. D. (2018). ANALISIS IMPLEMENTASI PAK KELUARGA DI GEREJA SIDANG JEMAAT ALLAH (GSJA) KABUPATEN BARITO TIMUR KALIMANTAN TENGAH. Jurnal Shanan. https://doi.org/10.33541/shanan.v2i2.1535

Sopandi, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Kepribadian Terhadap Kinerja Guru. Scientific Journal of Reflection.

Sugiono. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Syahrum, Usman, S., & Yamin, N. (2019). Pengaruh Profesionalisme Guru dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di MTS Negeri 2 Bulukumba. Jurnal Manajemen Pendidikan.

Tambunan, A. F., & Tambunan, A. M. (2021). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Beragama Kristen Pada Sekolah Sekuler. Jurnal Christian Humaniora. https://doi.org/10.46965/jch.v5i1.373

Taris, T. W., & Schaufeli, W. B. (2018). Individual well-being and performance at work: A conceptual and theoretical overview. In Current Issues in Work and Organizational Psychology. https://doi.org/10.4324/9780429468339

Triposa, R., Arifianto, Y. A., & Hendrilia, Y. (2021). Peran Guru PAK sebagai Teladan dalam Meningkatkan Kerohanian dan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK). https://doi.org/10.52489/jupak.v2i1.24

Wardany, D. K. (2020). Kontribusi Kepemimpinan dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Madinasika Manajemen Dan Keguruan.

Widayat. (2014). Metode Penelitian Pemasaran (Aplikasi Software SPSS). UMM Press.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v12i2.1352

Article Metrics

Abstract view : 242 times
PDF - 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.