PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PAKEM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MAPEL PAK KELAS V SD NEGERI 11 SUNGAI LAUR

Martinus Martinus, Yogi Emjosupa

Abstract


ABSTRAK

Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 11 Sungai Laur pada pembelajaran Pendidikan Agama Katolik, masih kurang. Indikasinya kebanyakan siswa tidak siap mengikuti proses belajar mengajar, seperti datang terlambat, ribut di kelas, dan bahkan ada yang mengantuk pada proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam proses penerapan metode pembelajaran PAKEM pada pembelajaran PAK, mendeskripsikan respon siswa pada saat penerapan metode pembelajaran PAKEM, pada pembelajaran PAK, dan medeskripsikan penerapan metode pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAK. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan instrumen penelitian pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data kualitatif menggunakan teknik observasi dan teknik wawancara. Hasil penelitian ini motivasi siwa kelas V Sekolah Dasar Negeri 11 Sungai Laur meningkat secara signifikan dalam mengikuti pembelajaran PAK setelah diterapkannya metode pembelajaran PAKEM oleh guru PAK.

Kata Kunci: Motivasi, PAK, PAKEM

 

ABSTRACT

The problem in this research is that the learning motivation of the fifth grade elementary school students at Sungai Laur State Elementary School in learning Catholic Religious Education is still lacking. The indications are that most students are not ready to take part in the teaching and learning process, such as arriving late, being noisy in class, and some are even sleepy during the teaching and learning process. The purpose of this study was to describe the activities of teachers and students in the process of applying the PAKEM learning method to PAK learning, to describe student responses when applying the PAKEM learning method, to PAK learning, and to describe the application of the PAKEM learning method to increase students' learning motivation in PAK learning. This study uses a qualitative descriptive approach with research instruments, observation guidelines and interview guidelines. Qualitative data analysis using observation techniques and interview techniques. The results of this study showed that the motivation of the fifth grade elementary school students at Sungai Laur State  Elementary School increased significantly in participating in PAK learning.

Keywords: Motivation, PAK, PAKEM


Keywords


Motivation, PAK, PAKEM

Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2017). Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam. PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN YANG MENGAKTIFKAN SISWA. 1(1) 48-62

Albert Lumbu, Indah Slamet Budiarti. (2015). Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PAKEM DENGAN METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN FISIKA DASAR POKOK BAHASAN MEKANIKA. 1 (1) 23-28.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta

Badaruddin, A. (2015). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal. CV Abe Kreatifindo: Jakarta

Bonwell, Charles C. & James A. Eison. (2010). “Active learning: creating xcitement in the classroom”. http://www.ntlf.com/ (diunduh 22 Juni 2010)

Ekalia, R. (2013). JURNAL PENDIDIKAN KHUSUS PENGGUNAAN METODE

PAKEM ( Pembelajaran Aktif , Kreatif , Efektif , dan Menyenangkan ) MATA PELAJARAN IPA PADA ANAK AUTIS Untuk Memenuhi Persyaratan Penyelesaian. 1, 1–12.

Jainuddin, Mubarik, Syaiful Bahri. (2021). Jurnal Ilmiah Ecosystem: PENGARUH METODE PAKEM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 124 BATUASANG. 21(1) 186-193.

Jeffery S. Lantis, Kent Jekile, Mattew Krain. (2010). “Active Teaching and Learning: The State of the Literature”. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190846626.013.427

Gusmita, D. (2014). Artikel Ilmiah Artikel Ilmiah. STIE Perbanas Surabaya, 0–11.

Muhammad. A. (1996). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindon: Bandung.

Muhammad Faktur Rohim, Mohammad Zahri. (2018). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika: PENGARUH MODEL PAKEM BERBASIS TIK PADA MATERI TROGONOMETRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. 5(2) 121 - 130

Munirah. (2018). ( Perhatian dan Motivasi, Keaktifan, Keterlibatan Langsung, PRINCIPLES OF LEARN AND

LEARNING ( Attention and Motivation, Liveliness, Direct Involvement, Repetition, Challenges and Individual Differences ). 5(1), 116–125.

Nurani. (2021). JURNAL LITERASIOLOGI (Pelaksanaan Metode Pembelajaran Variatif pada Pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Mendahara) 6(2), 65-74

Raka Hermawan Kaban, Dewi Anzelina, Reflina Sinaga, Patri Janson Silaban. (2021). Jurnal Basicedu: Journal of Elementary Education. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAKEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. 5(1) 102 - 109.

Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers: Depok.

Situmurang, R. (2017). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siwa Pada Kompetensi Dasar Organisasi Pelajaran PKN Melalui Pendekatan Pembelajaran PAKEM Untuk Kelas IV SD Negeri 064988 Medan Johor. Journal of Physics and Science Learning, 01(2),129–140. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/PASC AL/article/view/347

Suharni, P. (2014). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131–145.

Suherman, A. (2010). Model Pembelajaran Pakem Dalam Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 131–141.

Suminar. R. (2014). Jurnal Sekretari Universitas Pamulang. PENINGKATAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH MELALUI PENDEKATAN PAKEM (Metode Studi Kasus pada Diklat Penguatan Kompetensi Kepala Sekolah di Pptk Bisnis dan Pariwisata Tahun 2010) 1(2) 1-30.

Syah, M. & Kariadinata, R. (2009). Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan (PAIKEM). Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Rayon Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Wahyu. B.S. (2018). EDUTECNO: Jurnal Pendidikan dan Administrasi Pendidikan: HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS DI SMP KABUPATEN BOGOR. 18(1) 1-12.

Yamin. M. (2013). Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Gaung Persada Press: Ciputat.

Zaini. N. (2019). KARANGAN: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan: KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. 1 (1) 65-72.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1365

Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.