EVALUASI PROGRAM “KEMBARA” SEBAGAI UPAYA DASAR PENINGKATAN PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR

Imam Mujahid, Muhammad Nasiruddin, Kartika Hudayana

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan evaluasi program Kembara Bahasa Arab di Universitas Darussalam Gontor Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses pembelajaran terdiri dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, 2) Problematika pembelajaran Bahasa Arab pada program Kembara Bahasa Arab terdiri dari beberapa faktor antara lain faktor peserta yang terdiri dari latar belakang pendidikan peserta, motivasi, kesulitan berbicara bahasa Arab dan kurangnya kosakata, 3) Evaluasi dan solusi dari problematika pada proses pembelajaran Bahasa Arab pada program Kembara Bahasa Arab yaitu untuk peserta dengan cara selalu mempraktikkan kosa kata yang telah dihafal dan menyempatkan diri untuk mengikuti kegiatan kelompok belajar bahasa Arab. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa program pembelajaran “Kembara” sudah cukup baik dan sesuai dengan indikator pembelajaran yang baik, meskipun ada beberapa problematika yang perlu diperhatikan dan dicarikan solusi agar program pembelajaran dapat lebih baik. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah dengan melakukan penelitian lain yang membahas mengenai evaluasi program pembelajaran lain. 

Kata Kunci: Evaluasi, pembelajaran, bahasa Arab, program kembara, mahasiswa

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to describe the evaluation of the Arabic Language Tour program at Darussalam University, Gontor Ponorogo. This study uses a qualitative approach using descriptive analysis method. The results showed that 1) The learning process consisted of preparation, implementation, and evaluation, 2) The problems of learning Arabic in the Arabic Language Tour program consisted of several factors, including participant factors consisting of participants' educational background, motivation, difficulty speaking Arabic. and lack of vocabulary, 3) Evaluation and solutions to problems in the Arabic learning process in the Arabic Language Tour program, namely for participants by always practicing memorized vocabulary and taking the time to take part in Arabic learning group activities. Therefore, it can be concluded that "Kembara" learning program is quite good and in accordance with good learning indicators, although there are some problems that need to be considered and solutions are found so that the learning program can be better. Suggestions for further researchers is to conduct other research that discusses the evaluation of other learning programs.

KeywordsEvaluation, learning Arabic, Arabic, traveling programs, students


Keywords


Evaluasi, pembelajaran bahasa Arab, bahasa Arab, program kembara, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. (2017). Pendekatan dan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 45–62.

Akpur, U., Alci, B., & Karatas, H. (2016). Evaluation of the Curriculum of English Preparatory Classes at Yildiz Technical University Using CIPP Model. Educational Research and Reviews, 11(7), 466–473.

Aziz, S., Mahmood, M., & Rehman, Z. (2018). Implementation of CIPP model for quality

evaluation at school level: A case study. Journal of Education and Educational Development, 5(1), 189–206.

Bistari, B. (2017). Konsep dan indikator pembelajaran efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 1(2), 13–20.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46.

Hizbullah, N., & Mardiah, Z. (2015). Masalah Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah di Jakarta. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(3), 189–198.

Idrus, L. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935.

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan,. Jurnal At-Ta’dib, 6(1).

Manan, A., Fadhilah, M. A., Kamarullah, K., & Habiburrahim, H. (2020). Evaluating paper-based TOEFL preparation program using the Context, Input, Process, and Product (CIPP) model. Studies in English Language and Education, 7(2), 457–471.

Phillips, D. C. (2018). The Many Functions of Evaluation in Education. Education Policy Analysis Archives, 26(46).

Rodiah, S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX MTS Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gender. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–8.

Rosaliza, M. (2015). Wawancara, Sebuah interaksi komunikasi dalam penelitian kualitatif. Jurnal Ilmu Budaya, 11(2), 71–79.

Sa’diyah, Z. (2016). Evaluasi Pengajaran Bahasa Arab di STAIN Kudus: Upaya Untuk Menemukan Bentuk Ideal Pengajaran Bahasa Arab. Jurnal Penelitian, 10(2).

Sudarsono, B. (2017). Memahami Dokumentasi. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 47–65.

Syarifah. (2018). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Bahasa Arab pada Siswa MTSN 3 Deli Serdang. Universitas Medan Area.

Tajuddin, S. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Siswa. Parameter: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(2), 200–215.

Uğur, N. G., Koç, T., & Koç, M. (2016). An analysis of mobile learning acceptance by college students. Journal of Educational and Instructional Studies in the World, 6(2), 1–11.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran (Instructional Program Evaluation).

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83–91.

Zakiah, N. (2021). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Islamiyah Kotabumi Lampung Utara. Indonesian Journal of Instructional Technology, 52–66.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1420

Article Metrics

Abstract view : 35 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.