PROFIL KESIAPAN ORANGTUA TK AISYIYAH JAKARTA SELATAN TENTANG PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS

Hana Hanifah, Khusniyati Masykuroh

Abstract


ABSTRAK

Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) merupakan salah satu kebijakan pemerintah di bidang pendidikan di masa pandemi Covid-19 yang berlaku untuk daerah-daerah yang sudah aman Covid-19 dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh pemerintah.  Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran profil kesiapan orangtua murid dalam menghadapi  Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Penelitian menggunakan metode survey dengan responden data yaitu orangtua murid dari 20 TK Aisyiyah di Jakarta Selatan. Pengambilan data melalui wawancara dengan menggunakan google form. Hasil penelitian menggambarkan bahwa orangtua telah melakukan berbagai persiapan untuk melaksanakan PTMT seperti memberikan edukasi  agar anak-anak dapat memahami bahaya dan dampak dari Covid-19, memberikan persetujuan karena memandang sekolah telah melakukan persiapan PTMT dengan memperhatikan protokol kesehatan, melengkapi sarana kesehatan, mendukung perlengkapan anak untuk berangkat sekolah, membantu penyediaan perlengkapan kesehatan di sekolah, serta mempunyai  harapan bahwa pelaksanaan PTMT dapat  dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas belajar anak.

Kata Kunci: Kesiapan, Pandemi Covid-19, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT)

 

ABSTRACT

Limited Face-to-face Learning (PTMT) is one of the government's policies in the field of education during the Covid-19 pandemic which applies to areas that are already safe from Covid-19 and meet the requirements set by the government. This study aims to describe the profile of parents' readiness in facing Limited Face-to-face Learning. The study used a survey method with data respondents, namely the parents of 20 Aisyiyah Kindergartens in South Jakarta. Collecting data through interviews using google form. The results of the study illustrate that parents have made various preparations to carry out PTMT such as providing education so that children can understand the dangers and impacts of Covid-19, giving approval because they see that schools have prepared PTMT by paying attention to health protocols, completing health facilities, supporting children's equipment. to go to school, help provide health equipment in schools, and have the hope that the implementation of PTMT can be a solution to improve the quality of children's learning.

Keywords: Readiness, Covid-19 Pandemic, Limited Face-to-face Learning (PTMT)


Keywords


Readiness, Covid-19 Pandemic, Limited Face-to-face Learning (PTMT)

Full Text:

PDF

References


Ahsani, E. L. F. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 3(1), 37–46.

Brown, N., te Riele, K., Shelley, B., & Woodroffe, J. (2020). Learning at home during COVID-19: Effects on vulnerable young Australians. Independent Rapid Response Report. Hobart: University of Tasmania, Peter Underwood Centre for Educational Attainment, 1(April), 1–77.

Handayani, D. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. CPD Infection, 3(1), 9–12.

Harahap, Y., Nasution, N., & Lubis, F. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Kebijakan Pemerintah Tentang Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Kota Padangsidimpuan. Lppm Ugn, 11(23), 76.

Kemdikbud RI. (2020). Panduan Pembelajaran Jarak Jauh. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 021, 28. https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/panduan-pembelajaran-jarak-jauh/

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI. (2021). KEPUTUSAN BERSAMA MENTERI (PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN,AGAMA,KESEHATAN,DALAM NEGERI) TENTANG PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.

Kesehatan, M., Agama, M., Pendidikan, M., & Negeri, M. D. (2021). SKB 4 Menteri RI.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=fjh2DwAAQBAJ

Nana, D., & Elin, H. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 288. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi/article/view/1359

PAUDDIKDASMEN. (2021). PANDUAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PAUDDIKDASMEN DI MASA PANDEMI COVID 19.

Powa, N., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Analisis Persetujuan Orang Tua Terhadap Rencana. 10(02), 100–111.

RI, K. K. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). 1–214. https://doi.org/10.33654/math.v4i0.299

Shaleh, M., & Anhusadar, L. O. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2158–2167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1139

Sholikhah, I. (2021). Analisis Kesiapan Orang Tua Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Masa Pandemi. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(7), 925–940. https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.181

Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=kQ1SDwAAQBAJ

World Health Organization, U. N. C. F. (‎UNICEF)‎ & U. N. E. S. and C. O. (2020). Considerations for school-related public health measures in the context of COVID-19. World Health Organisation, 2020, 1–10. https://www.who.int/publications-detail/risk-

Yuliana, Y. (2020). Corona virus diseases (Covid-19). Wellness And Healthy Magazine, 2(1), 187–192. https://doi.org/10.30604/well.95212020




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1471

Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.