PENERAPAN METODE INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SD MENGGUNAKAN TEORI KOHLBERG
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan metode inkuiri kepada siswa SD sebagai salah satu pembelajaran berbasis media, dan untuk mengetahui apakah pengembangan metode inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Va dan kelas Vb SDN 003 Siabu Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar berjumlah 30 siswa, lokasi penelitian adalah SDN 003 Siabu Salo Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimental semu. Dari kedua kelompok eksperimen dan kontrol didapatlah satu kesimpulan bahwa kedua kelompok saling berkaitan satu dengan yang lainnya, dilihat dari hasil olah data yaitu Hasil dari Fhitung dan Ftabel yang menunjukan kedua kelompok saling berhubungan satu dengan yang lain yaitu nilai Fhitung 15,714 ≥ Ftabel sebesar 2,98, maka antara kelas eksperimen dan kelas kontrol saling berhubungan atau terikat satu dengan yang lainnya.
Kata Kunci: Metode Inquiry, Hasil Belajar, IPA, Teori Kohlberg
ABSTRACT
This study aims to introduce the inquiry method to elementary school students as one of the media-based learning, and to find out whether the development of the inquiry method is able to improve student learning outcomes in science subjects. The population in this study were all students of class Va and class Vb of SDN 003 Siabu Salo, Salo District, Kampar Regency, totaling 30 students, the research location was SDN 003 Siabu Salo, Salo District, Kampar Regency. The research method used is a quasi-experimental quasi-experimental method. From the two experimental and control groups, it was concluded that the two groups were related to each other, judging from the results of data processing, namely the results of Fcount and Ftable which showed the two groups were interconnected with each other, namely the value of Fcount 15,714 Ftable of 2.98 , then the experimental class and the control class are interconnected or bound to each other.
Keywords: Inquiry Method, Learning Outcomes, Science, Kohlberg's Theory
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dimyati, M. (2013). Belajar & pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Esti nurhayati, husain haikal, hermanu jeobagio. (2014). PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH (Studi Pada Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kroya Tahun Pelajaran 2012/2013). Jurnal Uns, 13(April), 15–38.
Hamidaturrohmah, Zumala, F., Hasanah, U., & Suroyya, S. (2019). Efektivitas Pembelajaran IPA Menggunakan Media Powtoon Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 1(2), 122–131.
Hani rahmawati, Syaodih, E., & Lisnawati, C. (205 C.E.). efektifitas model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis (pp. 10–21).
Hasanah, E. (2019). PERKEMBANGAN MORAL SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN TEORI KOHLBERG. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 6(2), 131–145.
Kusumah, R. G. T., Walid, A., Pitaloka, S., Dewi, P. S., & Agustriana, N. (2020). Penerapan Metode Inquiry Sebagai Usaha Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Penggolongan Hewan Di Kelas Iv Sd Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 142–153. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.34708
Sardiman, A. M. (2020). Interaksi & motivasi belajar mengajar.
Setiasih, S. Della, & Panjaitan, R. L. (2016). Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Magnet Di Kelas V Sdn Sukajaya Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 421–430. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3051
Sudjana, N., & Rivai, A. (2013). Media Pengajaran Bandung. SInar Baru Algesindo.
Sujana, I. G. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing. Journal of Education Action Research, 4(4), 514. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28651
Yuliani, R. anastasya. (2017). Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 26–37.
DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1524
Article Metrics
Abstract view : 301 timesPDF - 159 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.