GRANDPARENTING PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MASA PANDEMI COVID-19

AF Suryaning Ati MZ, Arfian Mudayan, Muhammad Shulhuddin Mubarok, Sabbihisma Maydita Dewantari

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh grandparenting terhadap pembentukan karakter anak pada pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan kuesioner sosiodemografi dan wawancara dengan Responden berjumlah 25 nenek dengan rentang usia 46-60 tahun yang memiliki latar belakang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA dan S1 berada di wilayah Kecamatan Laren dan Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan pengasuhan grandparenting terjadi akibat beberapa faktor yaitu perceraian, kematian dan waktu bekerja orang tua yang harus melimpahkan tanggung jawab mengasuh kepada nenek. Pola pengasuhan yang di gunakan grandparenting pada pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi covid-19 berupa pengasuhan yang otoriter dan permissif dengan menggunakan metode penjelasan, pemberian contoh dan pembiasaan. Dalam pola asuh yang digunakan nenek berdampak baik dalam membentuk karakter berupa disiplin, tanggung jawab, jujur, religius dan mandiri pada cucu mereka. Dengan terbentuknya karakter anak dengan baik maka dalam membiasakan anak dalam menerapkan protokol kesehatan selama pandemi covid-19 dengan hidup bersih dan sehat juga berjalan dengan baik.

Kata Kunci: Grandparenting, Karakter anak, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Covid-19


ABSTRACT

This study aims to determine the parenting style of grandparenting on the formation of children's character in the implementation of Distance Learning (PJJ) during the covid-19 pandemic. This research is a type of qualitative research with a case study approach. Data collection using sociodemographic questionnaires and interviews with respondents totaling 25 grandmothers with an age range of 46-60 years who have educational backgrounds ranging from elementary, junior high, high school and undergraduate are in the Laren and Solokuro sub-districts, Lamongan district. The results showed that grandparenting was caused by several factors, namely divorce, death and working time, parents who had to delegate parenting responsibilities to grandmothers. The parenting pattern used by grand parenting in the implementation of Distance Learning (PJJ) during the COVID-19 pandemic is in the form of authoritarian and permissive parenting by using explanation, example and habituation methods. In the parenting style used by grandmothers, it has a good impact in shaping the character in the form of discipline, responsibility, honesty, religion and independence in their grandchildren. With the formation of a child's character well, familiarizing children with implementing health protocols during the COVID-19 pandemic by living clean and healthy also goes well.

Keywords: Grandparenting, Child character, Distance Learning (PJJ), Covid-19



Keywords


Grandparenting; Karakter anak; Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ); Covid-19

Full Text:

PDF

References


Alyami, M. (2020). Guidance for Corona Virus Disease 2019. Printed In Peoples Republic Of China.

Arini, S. (2018). Implikasi Pola Asuh Kakek-Nenek Terhadap Sifat Dan Prestasi. DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi, 7(1). https://doi.org/10.21831/dimensia.v7i1.21057

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Dike, D., Parida, L., & Stevanus, I. (2021). Strategi Mikro Kepala Sekolah Membudayakan Budaya Malu sebagai Nilai Karakter Unggul Sekolah Dasar Di Kabupaten Sintang. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–27. https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.916

Eriyanti, I. O., Susilo, H., & Riyanto, Y. (2019). Analisis Pola Asuh Grandparenting Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Tk Dharma Wanita I Desa Drokilo Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 3(1), 11.

Fauziah, R. R., Kusumawardani, R., & Maryani, K. (2018). Perbedaan Kemandirian Anak Ditinjau Dari Subyek Pengasuhan Orangtua Dan Kakek-Nenek Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 71. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v5i1.4684

Fauziningtyas, R., Indarwati, R., Alfriani, D., Haryanto, J., Ulfiana, E., Efendi, F., Nursalam, N., & Abdullah, K. L. (2019). The experiences of grandparents raising grandchildren in Indonesia. Working with Older People, 23(1), 17–26. https://doi.org/10.1108/WWOP-10-2018-0019

Fono, Y. M., Fridani, L., & Meilani, S. M. (2019). Kemandirian dan Kedisplinan Anak yang Diasuh oleh Orangtua Pengganti. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 537. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.245

Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter. Alfabeta.

Hayani, I. (2019). Metode Pembelajaran Abad 21. Rumah Belajar Matematika.

Lasota, A. (2015). What do Children Learn from their Parents and what from their Grandparents? Changes in the Perception of Gender and Family Roles as Seen from the Developmental Perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 2467–2472. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.918

Latifah, E. W., Pranaji, D. K., & Puspitawati, H. (2016). Pengaruh Pengasuhan Ibu dan Nenek terhadap Perkembangan Kemnadirian dan Kognitif Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(1), 21–32. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.1.21

Lisnawati, S. (2016). The Habituation of Behavior as Students’ Character Reinforcement in Global Era. Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 413. https://doi.org/10.15575/jpi.v2i3.852

Maxwell, J. A., & Reybold, L. E. (2015). Qualitative Research. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition (pp. 685–689). Elsevier Inc.

MZ, A. S. A., Huda, M. M., & Kharisma, A. I. (2022). Implementation of School Field Introduction (PLP) on Basic Teaching Skills for Prospective Elementary School Teacher Students. Jurnal Basicedu, 6(1), 1408–1416.

Organization, W. H. (2020). Advice on the use of masks in the context of COVID-19: interim guidance, 5 June 2020 (No. WHO/2019-nCoV/IPC_Masks/2020.4). World Health Organization.

Pagarwati, L. D. A., & Rohman, A. (2020). Grandparenting Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1229–1239. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.831

Salafuddin, S., Santosa, S., Utomo, S., & Utaminingsih, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua dalam Penguatan Pendidikan Karakter Anak (Studi Kasus pada Anak TKW di SDN Pidodo Kecamatan Karangtengah). JPAI: Jurnal Perempuan Dan Anak Indonesia, 2(1), 18. https://doi.org/10.35801/jpai.2.1.2020.28276

Samiaji, M. H. (2019). Perkembangan Karakter Mandiri dan Jujur Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Anak-Anak KB Wadas Kelir Purwokerto Selatan). ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(2), 295. https://doi.org/10.21043/thufula.v7i2.6490

Sary, Y. N. E. (2020). Cara Asuh Nenek pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 327. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.585

Sulistyawati, L., & Murdaningsih, D. (2020). Cara Asyik Ajarkan Protokol Kesehatan kepada Anak. Republika.Co.Id.

Suprapto, R., Hayati, M., Nurbaity, S., Anggraeni, F., Haritsatama, S., Sadida, T. Q., Firoh, A., & Pratama, F. A. (2020). Pembiasaan Cuci Tangan yang Baik dan Benar pada Siswa Taman Kanak-Kanak (TK) di Semarang. Jurnal Surya Masyarakat, 2(2), 139. https://doi.org/10.26714/jsm.2.2.2020.139-145

Susanti, M.Pd, S., & Ginting, E. Y. (2017). Pengaruh Pola Asuh Permisif Orangtua Terhadap Kedisiplinan Belajar Anak di Lingkungan Pasar Baru Kelurahan Padang Masiang, Barus Kabupaten Tapanuli Tengah. Psikologi Konseling, 11(2), 87–95. https://doi.org/10.24114/konseling.v11i2.13389




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1546

Article Metrics

Abstract view : 71 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.