PENERAPAN QUANTUM TEACHING DAN LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19

Prihantini Prihantini, Farah Sabilla Febriany, Hani Risdiany, Maulida Sukmalia

Abstract


ABSTRAK

Hadirnya pandemi covid-19 mengharuskan pendidik diharuskan mengubah strategi pembelajaran yang diterapkan agar pembelajaran pada saat daring menjadi lebih efektif dan tidak membosankan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan memahami mengenai penerapan quantum teaching dan learning di masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan jenis kualitatif, dimana teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu studi pustaka, datanya diambil melalui jurnal, artikel, buku dan data berasal dari internet yang dinyatakan relevan. Diperoleh hasil bahwa adanya penerapan model pembelajaran quantum teaching dan learning di masa pandemi covid-19 menjadi strategi pembelajaran yang sangat menguntungkan dimana  meningkatkan minat peserta didik sekaligus meningkatkan hasil pembelajaran. Kesimpulannya pembelajaran dengan model Quantum Teaching dan Learning adalah suatu pilihan yang tepat dan efektif untuk digunakan sebagai model pembelajaran yang diterapkan di masa pandemi sekarang ini.

Kata Kunci: Quantum, Teaching, Learning

 

ABSTRACT

The presence of the covid-19 pandemic requires educators to change the learning strategies applied so that online learning becomes more effective and not boring. This study aims to analyze and understand the application of quantum teaching and learning during the covid-19 pandemic. The research method used is a qualitative type, where the data collection technique of this research is literature study, the data is taken through journals, articles, books and data from the internet which are declared relevant. It was found that the application of the quantum teaching and learning learning model during the covid-19 pandemic became a very profitable learning strategy which increased student interest while improving learning outcomes. In conclusion, learning with the Quantum Teaching and Learning model is the right and effective choice to be used as a learning model that is applied during the current pandemic.

Keywords: Quantum, Teaching, Learning


Keywords


Quantum, Teaching, Learning

Full Text:

PDF

References


Ary, Y., & Sobandi, A. 2016. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 1, No. 1, hal. 11–18. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3261/2313

Deporter, B. R. 2010. Quantum Teaching. Bandung: PT Mizan Pustaka.

DePorter, B., Reardon, M., &, & Singer-Nourie, S. 2010. Quantum Teaching: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan.Terjemahan oleh Ary Nilandari. Kaifa.

Dimyati. 2017. Pemanfaatan Pembelajaran Daring.

Fitri, R. A., Adnan, F., & Irdamurni. 2021. Pengaruh Model Quantum TeachingTerhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 5, No. 1 2021, hal. 88–101. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/570/pdf

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., &, Paujiah, & Epa. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30518

Kadek, Ermayanti, I Wayan Darsana, I. K. N. W. 2017. Pengaruh Model Quantum Teaching Berbantuan Media Audio Visual Terhadap hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 5, No. 2 2017, hal. 1–10.

Kameo, W., & Mari, N. A. H. . 2021. Integrasi Model Pembelajaran Quantum Teaching Selama Masa Pandemi. Jurnal Geografi, Vol. 1, No. 1 2021. http://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jgeo/article/view/6019

Leasa, & Ernawati. 2013. Penerapan Pendekatan Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 1 Batu Merah Ambon. Prosiding FMIPA Universitas Pattimura.

Menteri Pendidikan. 2020. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).

Muawanah, E. I., & Muhid, A. 2021. Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid–19 : Literature Review. JIBK Undiksha, Vol. 12, No. 1 Maret 2021, hal. 90–98.

Nata, A. 2003. Manajemen Pendidikan; Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Ningrum, D. J., Mahardika, I. K., &, & Gani, A. A. 2015. Pengaruh Model Quantum Teaching dengan Metode Praktikum terhadap Kemampuan Multirepresentasi Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 4, No. 2 September 2015, hal. 116–120.

Prihantini. 2021. Strategi Pembelajaran SD). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rubiherlan, Y. 2016. Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Pelajaran IPS. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, Vol. 2, No. 2 2021.

Rusman. 2019. Pembelajaran berbasis Teknologi informasi dan komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Siahaan, K. W. A., Sinabutar, A. T., & Uci Nursanty Haloho. 2020. Pengaruh Metode Quantum Teaching dalam Menciptakan Pembelajaran yang Aktif dan Menyenangkan Pada Anak SD. Jurnal Elementaria Edukasia, Vol. 3, No. 2 2020, hal. 175–182.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini, Kharisma, I., Joyoatmojo, S., & Wardani, D. K. 2018. Implementasi Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Menggunakan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, Vol. 4, No. 2 Oktober 2018. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/viewFile/12310/8712

WHO. 2020. Coronavirus disease (COVID-19) pandemic.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1556

Article Metrics

Abstract view : 50 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.