ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 1 KUALA MANDOR B

Mai Yuliastri Simarmata, Magdalena Pitra Yatty, Najla Shafa Fadhillah

Abstract


ABSTRAK


Adapun masalah dalam penelitian ini ialah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah Keterampilan berbicara Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Kuala Mandor B, (2) Faktor-faktor Apa Sajakah yang Mempengaruhi Keterampilan Berbicara di SMP Negeri 1 Kuala Mandor B?, (3) Bagaimanakah Solusi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di SMP Negeri 1 Kuala Mandor B. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, yaitu mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Subjek yang dipilih kelas VII dengan jumlah 26 siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kuala Mandor B sangat baik yang semulanya 28,7% menjadi 84,6%, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa yaitu faktor internal meliputi faktor dari diri serta latar belakang keluarga siswa sedangkan faktor eksternal meliputi faktor lingkungan masyarakat dan sekolah, (3) solusi untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa yaitu: menggunakan media pembelajaran yang menarik, penerapan metode latihan berbicara, pemberian motivasi berbicara kepada siswa, dan membiasakan siswa dalam berdiskusi kelompok. Melalui penelitian yang berjudul “Analisis  Keterampilan Berbicara Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Kuala Mandor B” secara umum tergolong sangat baik.

Kata Kunci: Kurikulum, Profil Pelajar Pancasila, Keterampilan Berbicara


ABSTRACT

The problems in this study are as follows: (1) How are the speaking skills of Class VII Students at SMP Negeri 1 Kuala Mandor B, (2) What are the Factors Affecting Speaking Skills at SMP Negeri 1 Kuala Mandor B?, (3) What is the Solution to Improve Speaking Skills at SMP Negeri 1 Kuala Mandor B. This type of research is descriptive qualitative research. Data collection techniques in this study used observation, interviews, and documentation techniques. The validity of the data used triangulation techniques, namely data reduction, data presentation, conclusion drawing and verification. The subjects selected were class VII with a total of 26 students. The results of this study can be concluded: (1) The speaking skills of class VII students of SMP Negeri 1 Kuala Mandor B are very good from 28.7% to 84.6%, (2) The factors that influence students' speaking skills are internal factors including factors from themselves and students' family backgrounds while external factors include community and school environmental factors, (3) solutions to improve students' speaking skills, namely: using interesting learning media, applying speaking practice methods, providing motivation to speak to students, and familiarizing students in discussing group. Through the research entitled "Analysis of Speaking Skills Through the Project for Strengthening the Profile of Pancasila Students at SMP Negeri 1 Kuala Mandor B" generally classified as very good.

Keywords: Curriculum, Pancasila Student Profile, Speaking Skills


Keywords


Kurikulum, Profil Pelajar Pancasila, Keterampilan Berbicara

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Bebasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Al-Tabany, Trianto IB. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fahmi, N. (2019). Menjadi Orang Tua Milenial: Panduan Praktis Mengasuh Anak di Era Digital. Semarang: Pendar Ilmu.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155-164.

Hamalik, O. (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT remaja Rosdakarya.

Hidayah. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Garudhawacara.

Iskandarwassid & Sunenda, D. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud. (2021). Kemendikbud Luncurkan Program Sekolah Penggerak.

Lestari, T. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar menyajikan ContohContoh Ilustrasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi Siswa Kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah Wonosari. Universitas Negeri Yogyakarta.

Madeamin, S., & Jakung, S. (2021). Deskripsi Kemampuan Berbicara melalui Teknik Menyimak Cerita pada Siswa Kelas X SMK Kristen Palopo. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 85-94.

Majid, A & Rochman, C. (2014). Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nawawi., Q, U. & Rahmayanti, I. (2017). Keterampilan Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Uhamka Press.

Nurgiyantoro, B. (2017). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi (Edisi kedua). Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Salimah. (2011). Dampak Penerapan Bermain dengan Media Gambar Seri dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara dan Penguasaan Kosa Kata Anak Usia Dini. Edisi Khusus No. 1, Agustus 2011.

Sani, R.A. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Akara.

Setyonegoro, A. (2013). Hakikat, alasan, dan tujuan berbicara (dasar pembangun kemampuan berbicara mahasiswa). Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(2).

Saddono, K. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Simarmata, M. Y., & Sulastri, S. (2018). Pengaruh Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Debat dalam Mata Kuliah Berbicara Dialektik pada Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1), 49-62.

Suryaman, Maman. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Hlm. 13-28.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sukmadinata N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta. Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia dengan PT. Rosdakarya.

Tarigan, H.G. (2008). Berbicara. Bandung: Angkasa.

UMININGSIH, J. (2015). Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Permana, E. P. (2016). Pengembangan Media Pembejaran Boneka Kaus Kaki untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 133-140.

Wijayawati, P. S. (2022). Penguatan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 3. No. 2, hlm. 43-49.

Zamjani. I, Dkk. (2021). Naskah Akademik Program Sekolah Penggerak.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1564

Article Metrics

Abstract view : 707 times
PDF - 322 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.