PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KEARSIPAN DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGELOLA ARSIP SISWA KELAS X-OTKP SMKN MOJOAGUNG

Rico Rismanto, Triesninda Pahlevi

Abstract


ABSTRAK

Riset ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran kearsipan digital terhadap kemampuan mengelola arsip pada siswa kelas X-OTKP SMK Negeri Mojoagung. Riset ini merupakan riset eksperimen dengan model non-equivalent control grub design yang melibatkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi berjumlah 141 orang dan sampel pada penelitian ini melibatkan 70 orang yang diambil menggunakan teknik random sampling. Beberapa uji yang digunakan dalam penelitian meliputi analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan N-Gain Score. Hasil riset ini ditunjukkan dengan menggunakan Uji Independent sample t-test dengan hasil thitung (5,507) > ttabel (1,995).  Untuk uji N-Gain Score diperoleh nilai sebesar 0,56 yang menujukkan bahwa media pembelajaran kearsipan digital dikategorikan cukup efektif. Sehingga berdasarkan hasil perhitungan Uji Independent Sample t-test dan Uji N-Gain score dapat disimpulkan bahwa H1 diterima.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kearsipan Digital, Kemampuan Mengelola Arsip

 

ABSTRACT

This research aims to find out whether there is an influence on the use of digital archival learning media on the ability to manage archives in students of the X-OTKP class of SMK Negeri Mojoagung. This research is an experimental research with a non-equivalent control grub design model involving control classes and experimental classes. The population was 141 people and the sample in this study involved 70 people taken using random sampling techniques. Some of the tests used in research include descriptive analysis, normality tests, homogenity tests, hypothesis tests, and N-Gain Scores.  The results of this research were shown using the Independent sample t-test with the results of tresult (5,507) > ttable (1,995).  For the N-Gain Score test, a value of 0.56 was obtained which indicated that digital archival learning media was categorized as quite effective. So based on the results of the Independent Sample t-test and N-Gain Score Test, it can be concluded that H1 is accepted.

Keywords: Learning Media, Digital Archives, Ability to Manage Archives


Keywords


Media Pembelajaran, Kearsipan Digital, Kemampuan Mengelola Arsip

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2012. Penenlitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bunga Aprilia Kartini, S. Martono. 2013. “Analisis Kemampuan Menata Arsip Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran.” Economic Education Analysis Journal 2(1): 18–23.

Chick, Robert Connor et al. 2020. “Using Technology to Maintain the Education of Residents During the COVID-19 Pandemic.” Journal of Surgical Education 77(4): 729–32.

Dewi, Shinta Pradnya, I Ketut Ardana, I Gusti Ayu, and Agung Sri. 2020. “Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA.” 4: 296–305.

Endang R, Sri., Srimulyani, Suyetty. 2012. “Modul Melakukan Prosedur Administrasi Untuk SMK Dan MAK.”

Fauci, Anthony S., H. Clifford Lane, and Robert R. Redfield. 2020. “Covid-19 — Navigating the Uncharted.” New England Journal of Medicine 382(13): 1268–69.

Febriyana, Mutia, and Enny Rahayu. 2020. “Impelemntasi Media Pembelajaran Audiovidual Dan Nonaudiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Dongeng.” BAHTERASIA 1(3): 61–67.

Gunaidi, Aang, Yani Nurhadryani, and Pudji Muljono. 2018. “Pengembangan Sistem Repositori Arsip Digital Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Dalam Mendukung Smart Governance.” Dokumentasi dan Informasi 39(2): 101–11.

Hariyati. 2013. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma.” Journal of Chemical Information and Modeling 01(01): 1689–99.

Muhidin, Sambas Ali, Winata Hendri, and Budi Santoso. 2016. “Pengelolaan Arsip Digital.” Pendidikan Bisnis & Manajemen 2(3): 178–83. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/1708.

Ningsih Rahayu, S. Martono. 2013. “Analisis Kemampuan Manajemen Kearsipan Siswa Kompetensi Keahlian Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran.” Economic Education Analysis Journal 2(1): 18–23.

Nurwidayanti, Dewi, and Mukminan Mukminan. 2018. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA Negeri.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 5(2): 105–14.

Oemar Hamalik. 2011. Kurikulum Dan Pembelajaran. ed. Bumi Aksara. Jakarta: Bumi Aksara.

Pazriah, Seni Ida. 2020. “Penggunaan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Kearsipan Dalam Meningkatkan Efektvitas Pembelajaran Siswa ( the Use of Learning Media for Archiving Subjects in Increasing the Effectiveness of Students ’ Learning ).” 5(2): 186–201.

Purwanto, Arwan Nur Ramadhan. 2015. “Pengembangan Dan Unjuk Kerja Sistem Kearsipan Elektronik PSPAP.” Prodi P.ADP FF UNY 13(1): 1–100.

Puspitasari, Indah. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Flannel Board Terhadap Hasil Belajar Pada Kompetensi Dasar Alat Dan Bahan Kearsipan.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran 07(02): 21–25. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/27477.

Putra, Rizal Wahid Permana. 2021. “Improving the Students’ Motivation in Learning English through Google Meet during the Online Learning.” English Learning Innovation 2(1): 35–42.

Rachmawati, Baiduri, Moh. Mahfud Effendi. 2020. “Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Web Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif.” AKSIOMA 9(3): 540–50.

Rachmawati, Y., Ma’arif, M., Fadhillah, N., Inayah, N., Ummah, K., Siregar, M. N. F., Amalyaningsih, R., C., F., and A. A. A. A., & F. 2020. “Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan IPA Saat Masa Pandemi COVID-19 Di UIN Sunan Ampel Surabaya.” Indonesian Journal of Science Learning 2(2): 8–25.

Rahayu, Siti, and Triesninda Pahlevi. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Dengan Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa.” 5(1): 91–99.

Riduwan. 2016. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: alfabeta.

Safitri, Amanda, and Imam Bukhori. 2021. “Pengembangan Sistem Kearsipan Elektronik Surat Masuk Dan Surat Keluar Berbasis Website Pada Unit Tata Usaha SMK PGRI 2 Malang.” Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan 1(5): 488–93.

Salsabila, U. et al. 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Belajar Online Selama Pandemi.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 7(1): 1–9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4412063.

Saputra, M. Reza Dwi, and Heru Kuswanto. 2019. “The Effectiveness of Physics Mobile Learning (PML) with HomboBatu Theme to Improve the Ability of Diagram Representation and Critical Thinking of Senior High School Students.” International Journal of Instruction 12(2): 471–90.

Sekarsari, Agnesi, and Nurfina Aznam. 2019. “The Effectiveness of Science Learning Media Using Focusky Software on Junior High School Students ’ Higher Order Thinking Skills The Effectiveness of Science Learning Media Using Focusky Software on in Jounal ’ Higher Order Thinking Skills Junior High Art.” (June).

Solikha, Nikmatus, and Irfah Rasyida. 2020. “Schoology Terhadap Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS MAN Kota Pasuruan.” Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial 11(1): 31–42. https://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/221.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sun, Yazhi. 2021. “Construction and Research of Digital Archives Cloud Platform Based on Big Data Management.” Journal of Physics: Conference Series 1881(4).

Utami, Yudi Ganing Dwi, and Hudaniah. 2013. “Self Efficacy Dengan Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan 1(1): 40–52. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/1356/1451.

Wirawan, Arif Wahyu, and Andre N Rahmanto. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Kearsipan Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 3 Surakarta.” Jurnal Pendidikan Vokasi 7(1): 78–86.




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1565

Article Metrics

Abstract view : 115 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.