KEEFEKTIFAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK PADA MASA PANDEMI COVID-19

Anyan Anyan, Antonius Edy Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Berkembangnya teknologi modern menjadikan aktivitas belajar lebih menarik di kalangan pelajar dengan munculnya berbagai video pembelajaran interaktif baik melalui youtube ataupun aplikasi belajar digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan video pembelajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMK Nusantara Indah Sintang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Melalui pendekatan fenomenologi dimaksudkan adalah untuk menguraikan peristiwa yang dialami secara langsung oleh subjek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran interaktif cukup efektif dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SMK dimana ditunjukkan pada siswa SMK Nusantara Indah Sintang lebih giat lagi untuk belajar sebab proses pembelajaran yang dilakukan tidak monoton dan lebih menarik. Namun, penggunaan video pembelajaran interaktif memiliki hambatan yaitu adanya gangguan jaringan atau sinyal saat menggunakan video pembelajaran interaktif dalam belajar.

Kata Kunci: Keefektifan; Video Interaktif; Motivasi Belajar, SMK, Covid-19

 

ABSTRACT

The development of modern technology makes learning activities more interesting among students with the emergence of various interactive learning videos either through Youtube or digital learning applications. The purpose of this study was to test the effectiveness of interactive learning videos in increasing student motivation at SMK Nusantara Indah Sintang. This research is a type of qualitative research using a phenomenological approach. Through the phenomenological approach, it is intended to describe the events experienced directly by the subject under study. The results showed that the use of interactive learning videos was quite effective and could increase the learning motivation of SMK students where it was shown that SMK Nusantara Indah Sintang students were even more active in learning because the learning process was not monotonous and more interesting. However, the use of interactive learning videos has obstacles, namely the presence of network or signal interference when using interactive learning videos in learning.

Keyword: Effectiveness; Interactive Videos; Learning Motivation, Vocational High School, Covid-19


Keywords


Keefektifan; Video Interaktif; Motivasi Belajar, SMK, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Erawati, I., Darwis, M., & Nasrullah, M. (2017). Efektivitas Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Office. Vol. 3 No. 1 2017, hal 14 https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3450

Hasanah, U. (2020). Analisis Pengaruh Biaya Kompensasi Terhadap Motivasi Dan Kinerja Karyawan. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis. Vol. 5 (2) 2018, hal 102 https://doi.org/10.21107/jsmb.v5i2.6661

Irwanto, & Guswiani, W. (2019). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Front Office di Kelas Xi Akomodasi Perhotelan SMK N 3 Garut. Literasi. Vol. X No. 2 2019, hal 82

Izzudin, A. M., & Suharmanto, A. (2013). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Service Engine Dan Komponen-Komponennya. Journal Unnes. 2 (2) (2013)

KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ). Kementerian Pendidikan Dan Budaya.

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan. Vol. 1 No. Desember 2013, hal 97 https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol. 9 Edisi 1 April 2015, hal 16

Sujarwo. (2013). Motivasi Berprestasi sebagai Salah Satu Perhatian dalam Memilih Strategi Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol. 2 No. 2 Juli 2018, hal 105-108 https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1574

Article Metrics

Abstract view : 39 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.