PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF MACROMEDIA FLASH 8 BERBASIS PENDEKATAN STEAM PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini di latarbelakangi oleh minimnya penggunaan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman di era revolusi industri 4.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk berupa bahan ajar berjenis multimedia interaktif berbantuan aplikasi Macromedia Flash 8 berbasis pendekatan STEAM yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahapan analysis, design, development, implementation dan evaluation. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan produk ini yaitu dari validator ahli materi memperoleh nilai 92%, validator ahli media/grafik memperoleh nilai 96% dan validator ahli bahasa memperoleh nilai 96% yang masing-masingnya berkategori sangat valid. Untuk angket praktikalitas respon guru dan peserta didik memperoleh nilai 92% dan 94,64% yang sama-sama berkategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar multimedia interaktif Macromedia Flash 8 berbasis pendekatan STEAM pada pembelajaran tematik terpadu di beberapa SD di gugus V Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota padang yaitu sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai salah satu bahan ajar.
Kata Kunci: Bahan ajar, Multimedia Interaktif, Macromedia Flash 8, Pendekatan STEAM
ABSTRACT
This research is motivated by the lack of use of teaching materials that are in accordance with the demands of the times in the era of the industrial revolution 4.0. The purpose of this study was to develop a product in the form of interactive multimedia-type teaching materials assisted by the application of Macromedia Flash 8 based on a valid and practical STEAM approach. This research is a development research that uses the ADDIE development model which consists of 5 stages, namely the analysis, design, development, implementation and evaluation stages. The results obtained from this product development research are material expert validators scored 92%, media/graphics expert validators scored 96% and linguist validators scored 96%, each of which was categorized as very valid. For the practicality questionnaire, the responses of teachers and students scored 92% and 94.64%, both of which were categorized as very practical. Based on these results, it can be concluded that the interactive multimedia teaching materials of Macromedia Flash 8 based on the STEAM approach in integrated thematic learning in several elementary schools in cluster V, Bungus Teluk Kabung District, Padang City are very valid and very practical to use as teaching materials.
Keywords: Teaching materials, Interactive Multimedia, Macromedia Flash 8, STEAM Approach
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anyan, A., Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point. JUTECH : Journal Education and Technology, 1(1). https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690
Arisanti, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Software Macromedia Flash 8 untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2122–2132.
Desyandri, D., & Vernanda, D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Identifikasi Masalah. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV, 163–174. https://doi.org/10.31227/osf.io/h86jp
Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.
Erviana, V. Y. (2019). Pengembangan Ensiklopedia Terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Sebagai Pengayaan Bagi Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 31–44.
Estriyanto, Y. (2020). Menanamkan Konsep Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Techology, Engineering, Art, And Mathemathics) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Di Pacitan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan (JIPTEK), 13(2), 68–74. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.20961/jiptek.v13i2.45124
Febliza, A., & Afdal, Z. (2015). Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi Komunikasi. Pekanbaru: Adefa Grafika.
Firdian, F., & Maulana, I. T. (2018). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif pada matakuliah aplikasi software. Jurnal Pendidikan: Teori , Penelitian dan Pengembangan, 3(6), 822–828. Diambil dari http://jounal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Fitria, Y. (2019). Landasan Pembelajaran Sains Terintegrasi (Terpadu) Untuk Level Dasar. Padang: Sukabina Press.
Hadinugrahaningsih, T., Rahmawati, Y., & Ridwan, A. (2017). Developing 21st Century Skills in Chemistry Classrooms : Opportunities and Challenges of STEAM Integration. AIP Conference Proceedings, 1–8. https://doi.org/10.1063/1.4995107
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setya.
Herro, D., & Quigley, C. (2016). Exploring teachers’ perceptions of STEAM teaching through professional development: implications for teacher educators. Professional Development in Education, 43(3), 1–23. https://doi.org/10.1080/19415257.2016.1205507
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhlis. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid SMAN 4 Bantimurung Maros. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(1), 12–24. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.4135
Mukmin, B. A., & Zunaidah, F. N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar DELIKAN Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar di Kota Kediri. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 145–158.
Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasrul, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Problem Based Learning Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 81–92.
Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684
Oktavia, N., & Desyandri, D. (2020). Validitas dan Praktikalitas Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Sekolah Dasar Kota Padang. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 58–67. Diambil dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/article/view/112704
Priantari, I., Prafitasari, A. N., Kusumawardhani, D. R., & Susanti, S. (2020). Improving Students Critical Thinking through STEAM-PjBL Learning Pembelajaran STEAM-PjBL untuk Peningkatan Berpikir Kritis. Bioeducation Journal, 4(2), 94–102. Diambil dari https://doi.org/10.24036/bioedu.v4i2.283
Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582.
Setiyani, U. F., Wijayanti, A., & Artharina, F. P. (2019). Pengembangan CD Interaktif Macromedia Flash Berbasis Nilai Karakter Subtema 1 Aku Dan Cita-Citaku Kelas IV. Jurnal Sinektik, 2(2), 185–198. https://doi.org/10.33061/js.v2i2.3331
Setyaningsih, T., & S, F. (2020). Analisis Pemanfaatan Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(9), 132–149.
Sudarma, I. K., & Dkk. (2015). Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual Teks dan Image. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2012). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wahyugi, R., & Fatmariza. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 785–793. Diambil dari https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439
Weriyanti, Firman, Taufina, & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Dengan Strategi Question Student Have Di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 4(2), 476–483.
Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35–43. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944
Yana, N. A., Purwanti, S., & Purwanti, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pada Tema 4 Sumber Daya Alam Melalui Pendekatan STEAM Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 23 Sawang Tahun Ajaran 2020/2021. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, universitas, 884–889.
DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v13i2.1826
Article Metrics
Abstract view : 226 timesPDF - 92 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.