PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM MATERI MANUSIA DAN LINGKUNGAN DI KELAS V SDN 09 SEMADAI

Marta Ninik Purwantini, Isti Rokhiyah, Indri Astuti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan desain pengembangan video animasi pembelajaran pada materi manusia dan lingkungan; 2) mengetahui profil video animasi pada pembelajaran manusia dan lingkungan; 3) mengetahui efektivitas media video animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dalam materi manusia dan lingkungan; dan 4) Mengetahui efektivitas media video animasi respon siswa pada mata pelajaran IPA dalam materi manusia dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tahapan dalam pengembangan media video animasi pembelajaran ini dimulai dari menganalisis terlebih dahulu potensi dan masalah, pengumpulan data dan materi produk, desain naskah dan produk media video animasi pembelajaran, pengujian, revisi, validasi, implementasi di sekolah yang diteliti kemudian dievaluasi; 2) pengembangan video animasi pembelajaran ini valid berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media dengan kategori layak; 4) Siswa tertarik dan dapat memahami materi yang disampaikan melalui media video animasi pembelajaran yang didesain secara menarik dan atraktif; 3) media video animasi pembelajaran IPA terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan memicu respon yang positif dari siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran IPA, Respon Siswa, Video Animasi.


ABSTRACT

This study aims to: 1) Produce a design for the development of learning animation videos on human and environmental materials; 2) Knowing the profile of animated videos on human and environmental learning; 3) Knowing the effectiveness of animated video media on student learning outcomes in science subjects in human and environmental materials; 4) Knowing the effectiveness of student response animated video media in science subjects in human and environmental materials. This research uses the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, & Evaluation). The results of the study show that: 1) the stages in the development of learning animated video media start with analyzing potentials and problems first, collecting data and product materials, designing scripts and learning animated video media products, testing, revising, validating, implementing in the schools studied then evaluated; 2) The development of learning animation videos is valid based on the assessment of material experts and media experts in the proper category; 4) Students are interested and able to understand the material presented through learning animated video media that is designed in an attractive and attractive way; 3) Science learning media that was developed, namely in the form of animated videos, proved to be effective in improving student learning outcomes and triggering positive responses from students.

Keywords: Learning Outcomes, Science Learning Media, Student Responses, Animated Videos.


Keywords


Hasil Belajar, Media Pembelajaran IPA, Respon Siswa, Video Animasi

Full Text:

PDF

References


Baber, H. (2021). Modelling the acceptance of e-learning during the pandemic of COVID- 19-A study of South Korea. The International Journal of Management Education, 19(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100503.

Kurniawan, D. C., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). “Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang”. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2). 119-125.

Mashuri, D.K. (2020). “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V”. JPGSD, 8(5), 893-903.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M.Y. (2019). “Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD”. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72.

Rosmiati, U., & Lestari, P. (2021). Inovasi model Pembelajaran PBI (Problem Based instruction) berbasis Whatsapp sebagai langkah solutif pembelajaran di masa pandemi Covid-19. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 188-197.

Wati, E., Harahap, R. D., & Safitri, I. (2022). Analisis Karakter Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5994-6004.

Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146.

Yudiyanto, Y., Hakim, N., Hayati, D. K., & Carolina, H. S. (2020). “Pengembangan Video Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Konservasi Gajah Berkarakter Peduli Lingkungan”. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 187. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.8959




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v14i2.2246

Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.