PENGEMBANGAN APLIKASI ASSESSMENT BERBASIS KOMPUTER (ABK) MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK PENILAIAN AKHIR SEMESTER/TAHUN DI SMPN 3 LEMBAH BAWANG

Arizal Arizal, Dede Suratman, Yundari Yundari, Bruno Sala Wele, Prisilia Ariani

Abstract


ABSTRAK

This study aims to develop an application for the Semester/Year End Assessment Process. The application developed is a Computer-Based Assessment Application (ABK). The research method used in this study is a qualitative development research method. This research was conducted at SMPN 3 Lembah Bawang during the PTS in the odd semester of the 2022/2023 academic year. Data collection techniques in this study are by way of observation and interviews. The results of this study indicate that the application developed is valid and feasible for testing. The results of this study also show that after using the ABK Application, it has an impact in the form of 1) Makes it easier for teachers to make corrections and analyze students' work results automatically without doing it manually, 2) Helps motivate and students in learning to use computer devices and makes them slowly get used to with computer equipment, 3) Can cut school funding expenditures for procuring photocopies of questions so that they can be kept as low as possible and greatly save costs and 4) Can assist in improving teacher competence so that they are always familiar with the use of computer devices in the world of education.

Kata Kunci:  Computer-based Assessment, Articulate Storyline


ABSTRACT

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi untuk Proses Penilaian Akhir Semester/Tahun. Aplikasi yang dikembangkan berupa Aplikasi Assessment Berbasis Komputer (ABK). Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian Pengembangan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Lembah Bawang pada saat PTS semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara melakukan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan valid dan layak untuk digunakan. Hasil penelitian ini pula menunjukkan bahwa setelah menggunakan Aplikasi ABK, menimbulkan dampak berupa 1) Memudahkan guru untuk melakukan pengoreksian dan menganalisis hasil pekerjaan peserta didik secara otomatis tanpa dilakukan secara manual, 2) Membantu memotivasi beserta didik dalam belajar menggunakan perangkat komputer dan membuat mereka perlahan terbiasa dengan perangkat komputer, 3) Dapat memangkas pengeluaran dana Sekolah untuk pengadaan fotocopy soal sehingga dapat ditekan serendah-rendahnya dan sangat menghemat biaya serta 4) Dapat membantu dalam meningkatkan kompetensi guru agar selalu terbiasa dengan penggunaan perangkat komputer dalam dunia Pendidikan.

Keywords: Assesmen Berbasis Komputer, Articulate Storyline 


Keywords


Assesmen Berbasis Komputer,Articulate Storyline

Full Text:

PDF

References


Afrianto. (2018). Being a professional teacher in the era of industrial revolution 4.0: opportunities, challenges and strategies for innovative classroom practices. English Language Teaching and Research, 2(1), 3. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/eltar/article/view/102675

Angelianawati, L. (2019). Being An Englishteacher In Industrial Revolution 4.0: An Overview About Roles, Challenges, And Implications. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 307. https://doi.org/10.33541/jdp.v11i3.896

Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65

Dora, Y. M., & Asmar, N. P. (2023). Pengaruh e-Service Quality dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa Pengguna Layanan e-Akademik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1854-1861. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1432

Gamar, M. M., Al Faruq, M. S., & Lina, L. (2018). Challenging the Indonesian Primary Education in Industrial Revolution 4.0 Era. 269(CoEMA), 46–48. https://doi.org/10.2991/coema-18.2018.12

Open Data Kalbar. (2020). Data Akses Internet (Blank Spot) tahun 2020 kab. Bengkayang. https://data.kalbarprov.go.id/dataset/data-akses-internet-blank-spot-tahun-2020-kab-bengkayang (diakses pada tanggal 19 November 2020)

Kumar, R., Norasmah, O., & Haryanti, M. affandi. (2019). Jurang Penggunaan Teknologi Maklumat Dan Komunikasi (TMK) Di Antara Sekolah Bandar Dengan Luar Bandar. Jurnal Pendidikan Malaysia, 44(1), 109–119.

Novrianti, N. (2014). Pengembangan Computer Based Testing (CBT) Sebagai Alternatif Teknik Penilaian Hasil Belajar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 34-42. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a3

Nur’aini, D. A., Lestari, P. D., & Kurniawan, B. R. (2020). Pengembangan Asesmen Formatif Berbasis Komputer untuk Mengetahui Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Hukum Bernoulli. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 5(2), 106–112. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/

Shahroom, A. A., & Hussin, N. (2018). Industrial Revolution 4.0 and Education. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(9), 314–319. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i9/4593

Suhardi, Astuti, I., & Suratman, D. (2022). Development Of Mobile Learning Based On A Scientific Approach To Learning Elementary School Themes. Jurnal Scientia, 10(2), 291-301. Retrieved from https://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan/ article/view/299

Sultan, Erfata H.(2023). Pengembangan Pengembangan Model Asesmen Menggunakan Aplikasicomputer Based Test (CBT) Untuk Peningkatan Hasil Belajar siswa SDN Gunungsari 01 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora,2(3), 1794-1814 https://jurnal.widyahumaniora.org/




DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v14i2.2593

Article Metrics

Abstract view : 89 times
PDF - 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.